IMPLEMENTASI UU NO. 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK (STUDI PENYEDIAAN LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS ONLINE DI KABUPATEN TEGAL)

Dandhi, Dwirizky Purwiansyah (2020) IMPLEMENTASI UU NO. 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK (STUDI PENYEDIAAN LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS ONLINE DI KABUPATEN TEGAL). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI DANDHI DWIRIZKY P (2115500016).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Purwiansyah, Dandhi Dwirizky. 2020. Implementasi UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Studi Penyediaan Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Online di Kabupaten Tegal. Skripsi, Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing: Drs. Sana Prabowo, M.Si, Unggul Sugi Harto, S.IP, M.Si. Kata Kunci: Implementasi, Layanan Pengaduan Berbasis Online Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui fungsi dari layanan pengaduan masyarakat berbasis online yang sudah dilaksanakan sejauh ini, dan (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi serta solusi pemecahan masalah dalam penyediaan layanan pengaduan masyarakat berbasis online yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal. Tipe Penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif, merupakan tipe penelitian yang dapat memberikan gambaran mengenai implementasi layanan pengaduan berbasis online di Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan data primer berupa kuisioner, wawancara dan data sekunder yang didukung oleh dokumen terkait dengan penelitian. Teknik pengambilan sempelnya menggunakan Teknik Stratified Random Sampling. Untuk mengukur apakah layanan pengaduan berbasis online itu berfungsi atau tidak maka implementasi layanan pengaduan berbasis online dilihat dari 6 indikator tersebut, yaitu sosialisasi terhadap masyarakat, sarana dan prasarana, ekspektasi usaha, behavioral intention, pengaruh sosial, dan ekspektasi kinerja. Pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Implementasi layanan pengaduan berbasis online dirasa hasilnya relatif baik dikarenakan sistem tersebut dapat menggantikan sistem konfensional menjadi online. (2) Namun masih terjadi kendala, berupa kurang lengkapnya dan belum maksimalnya fitur didalam layanan pengaduan berbasis online serta server data center yang belum siap dan mumpuni dalam menghadapi gangguan yang tak terduga sehingga alat tersebut belum berfungsi dengan optimal. (3) Maka solusi yang direkomendasikan menambahakan fitur agar lebih lengkap serta penguatan server data center agar siap, optimal dan mumpuni terhadap gangguan yang tak terduga sehingga layanan tersebut dapat berfungsi dengan baik dan dioprasikan sepanjang waktu.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Dandhi Dwirizky Purwiansyah
Date Deposited: 18 Feb 2020 05:01
Last Modified: 10 Jan 2023 01:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item