HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 04 BANTAR BOLANG

PRASETYO, WIRANTO ADI (2020) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 04 BANTAR BOLANG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI WIRANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Wiranto Adi Prasetyo. 2020. “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 04 Bantar Bolang”. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dra. Mursyidah DH, S.H., M.H., Pembimbing II: Drs. Nurcholis, M.Pd. Kata Kunci: Dampak, gadget, dan prestasi belajar. Gadget pada masa sekarang ini dianggap sebagai media yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia, karena dengan gadget dapat digunakan sebagai alat komunikasi, memperoleh informasi, media belajar serta media hiburan. Adanya gadget dapat memberikan dampak pada prestasi belajar peserta didik, contoh saja adanya game online pada gadget membuat anak akan tertarik untuk memainkannya, bahkan hal tersebut dapat menyebabkan kecanduan. Akibatnya anak akan terus memainkannya sampai mencapai hal yang diinginkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) penggunaan gadget pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 04 Bantarbolang Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2018/2019, 2) tingkat pada prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 04 Bantarbolang Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2018/2019, dan 3) ada tidaknya dampak penggunaan gadget terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 04 Bantarbolang Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasional. Populasi berjumlah 144 peserta didik dan sampel penelitian sebanyak 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat penggunaan gadget pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 04 Bantar Bolang Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2019/2020 adalah mayoritas dalam kategori sangat tinggi. Terbukti dari mean atau skor rata-rata sebesar 66,66 terletak pada interval 65-80 dalam kategori sangat tinggi. 2) Tingkat prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 04 Bantar Bolang Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2019/2020 adalah mayoritas dalam kategori cukup. Terbukti dari mean atau skor rata-rata sebesar 69,31 yang terletak pada interval 60-69 dalam kategori sangat cukup. 3) Hasil perhitungan analisis statistik korelasi diperoleh rhitung = -0,443 (dengan tanda negative), rtabel = 0,367. Maka -rxy < -rtabel, maka -0,443 < -0,367 berarti Ha) diterima, artinya “ada korelasi atau hubungan penggunaan gadget dengan prestasi belajar peserta didik. Hasil rxy = -0,312 menunjukkan tanda negatif, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada dampak yang negatif penggunaan gadget terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 04 Bantar Bolang Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2019/2020. Saran dari penulis diharapkan peserta didik dapat mengurangi penggunaan gadget untuk hal-hal yang kurang bermanfaat karena hal ini dapat menurunkan prestasi belajarnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:53
Last Modified: 04 Feb 2022 06:21
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1338

Actions (login required)

View Item View Item