EFEK STRATEGI PEMBELAJARAN REGULASI DIRI TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA SMA

nugraha, Rahmad Agung EFEK STRATEGI PEMBELAJARAN REGULASI DIRI TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA SMA. program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

[img] Text
S3-2012-120113640799-full_text.pdf

Download (16MB)

Abstract

Dalam dekade terakhir ini, pembelajaran regulasi telah menjadi kata kunci dalam bidang pendidikan dan psikologi, dan ada banyak bukti empiris yang terlibat berbagai aspek pembelajaran regulasi diri. Pembelajaran regulasi diri membantu siswa SMA mampu untuk mandiri dalam proses pembelajarannya, dapat menggunakan strategi, membentuk hubungan yang baik, sehingga siswa mampu menunjukan sekumpulan kepercayaan motivasi yaitu perasaan efikasi diri yang tetap terpelihara. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efek strategi pembelajaran regulasi diri terhadap efikasi diri siswa SMA. Dengan menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen pretestpostest non equivalent control group design dan menggunakan t-test, yaitu teknik statistik yang digunakan untuk menguji signifikansi perbedaan dua mean yang berasal dari dua atau lebih distribusi dapat diketahui bahwa rata – rata post test dan rata- rata pre test efikasi diri, menunjukkan bahwa rata-rata efikasi diri post test sebesar 170,5000 dengan Standar Deviasi 10 lebih tinggi dibanding rerata efikasi diri pre test sebesar 163,8848 dengan standar deviasi 13. Sedangkan berdasarkan uji test dapat di ketahui besarnya t hasil hitung adalah 5,706 dengan probalibilitas error hasil analisis lebih kecil dari 5%, hasil ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan efikasi diri di tinjau dari tingkatan variabel efikasi yaitu efikasi diri tinggi, sedang dan rendah. Dan di tinjau dari uji mean dapat diketahui bahwa efikasi diri tertinggi ada pada variabel yang mempunyai efikasi yang tinggi dengan mean 171.6267 di banding mean efikasi diri sedang dengan besarnya mean 165,9669 sedangkan mean efikasi diri rendah diperoleh mean sebesar 142,3333. Dari hasil Analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya efek strategi pembelajaran regulasi diri terhadap efikasi diri siswa SMA. Saran-saran dalam penelitian ini ditujukan kepada guru SMA diantarannya adalah Guru diharapkan selalu berdialog dengan siswa, membantu siswa membangun pengetahuannya, Guru diharapkan selalu menjelaskan kegunaan dan pentingnya pembelajaran regulasi diri kepada siswa, dan membiasakan dan mengidentifikasikan waktu dan kondisi yang tepat bagi siswa belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran regulasi diri, Guru diharapkan menjadi model yang baik dalam pembelajaran regulasi diri dan peduli untuk mengembangkan jenis motivasi di dalam kelas. Saran yang diberikan kepada siswa adalah siswa diharapkan untuk selalu memilih, mengerti akan tujuan, relevansi tugas dan selalu bekerja sama, melibatkan aktivitas dalam pembelajaran, terbuka dengan guru dan merasakan dalam proses belajarnya. Saran juga diberikan kepada kepala sekolah yang diharapkan selalu memfasilitasi dan mendukung para guru dalam mengembangkan atau memberikan pembelajaran regulasi diri sehingga tujuan daripada sekolah bisa tercapai secara optimal serta saran juga diberikan kepada peneliti Peneliti Selanjutnya karena pada penelitian ini hanya terfokus pada efek strategi pembelajaran regulasi diri terhadap efikasi diri siswa SMA dengan Quasi Eksperimen sehingga perlunya penelitian kualitatif sebagai pengumpulan data kelengkapan data dan ungkapan siswa dalam pembelajaran regulasi diri serta untuk memantau perkembangan efikasi diri siswa sehingga peneliti memberikan saran bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian kualitatif, penelitian survey, ataupun PTK. Perbedaan rancangan penelitian memungkinkan hasil yang berbeda ataupun sama sehingga dapat memperluas pemahaman efek pembelajaran regulasi diri dan efikasi diri siswa. Penelitian ini hanya menguji efek Pembelajaran regulasi diri terhadap efikasi diri siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, sehingga perlu meneliti mata pelajaran yang lainnya. Untuk Peneliti berikutnya disarankan untuk menyertakan variabel moderator lain yang dapat menentukan adanya interaksi antar variable seperti keterlibatan siswa di kelas maupun di sekolah, orientasi tujuan, metakognitif, struktur orientasi kelas atau efikasi guru.

Item Type: Book
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Dr. Rahmad Agung Nugraha
Date Deposited: 01 Oct 2019 06:56
Last Modified: 18 Jan 2023 01:29
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item