Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Selama Pandemi COVID-19

Effiksi, Yeni Prewi Alfiani (2020) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Selama Pandemi COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti tegal.

[img] Text
EFFIKSI YENI PREWI A(1716500017)-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar, Pandemi COVID-19 Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis secara tertulis siswa ditinjau dari kemandirian belajar selama pandemi COVID-19. (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis secara lisan siswa ditinjau dari kemandirian belajar selama pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AK 1 SMK NU 1 ISLAMIYAH KRAMAT Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas XI AK 1 semester 2 SMK NU 1 ISLAMIYAH KRAMAT, yang masing-masing kategori kemandirian belajar siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil angket kemandirian belajar dan hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kemandirian belajar, tes kemampuan komunikasi matematis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap-tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa : 1) kemampuan komunikasi matematis tulis siswa dengan kemandirian tinggi memenuhi lima indikator kemampuan komunikasi matematis, subjek dengan kemandirian sedang hanya memenuhi 4 indikator kemampuan komunikasi matematis dan subjek dengan kemandirian belajar rendah hanya memenuhi 3 indikator komunikasi matematis. 2) kemampuan komunikasi matematis lisan siswa dengan kemandirian tinggi memenuhi lima indikator kemampuan komunikasi matematis, subjek dengan kemandirian sedang juga memenuhi lima indikator kemampuan komunikasi matematis lisan dan subjek dengan kemandirian belajar rendah hanya memenuhi emapt indikator komunikasi matematis lisan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Effiksi Yeni Prewi Alfiani
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:09
Last Modified: 10 Jan 2023 03:12
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2136

Actions (login required)

View Item View Item