ANALISIS KUALITAS BUTIR TES PRESTASI BELAJAR IPA DITINJAU DARI TINGKAT KESUKARAN DAN ITEMFIT BENTUK URAIAN DENGAN PEMODELAN RASCH

Hasbi Asshiddiqi Mualik, HAM (2020) ANALISIS KUALITAS BUTIR TES PRESTASI BELAJAR IPA DITINJAU DARI TINGKAT KESUKARAN DAN ITEMFIT BENTUK URAIAN DENGAN PEMODELAN RASCH. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Revisi.Hasbi.1[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

MUALIK, HASBI ASSHIDDIQI. 2020. Analisis Kualitas Butir Tes Prestas Belajar IPA Di Tinjau Dari Tingkat Kesukran Dan Itemfit Bentuk Uraian dengan Pemodelan Rasch (Studi Deskriptif Analisis Dokumenter pada Perangkat Tes Subjektive Penilaian Akhir Semester Ganjil Kelas VII SMP Negeri di Lingkungan Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2019/2020). Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Purwo Susongko, M.Pd Pembimbing II Muriani Nur Hayati, M.Pd Kata Kunci:Penilaian ahir semester,Rasch,Kualitas butir,Tes IPA. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis tingkat kesukaran pada butir tes uraian dengan pemodelan Rasch, (2) Menganalisis uji kecocokan item pada pada butir soal uraian Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil mata pelajaran IPA kelas VII di Kabupaten Tegal tahun ajaran 2019/2020 dengan pemodelan Rasch. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lembar jawab peserta didik Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil kelas VII SMP Negeri di Lingkungan Kabupaten Tegal tahun ajaran 2019/2020 mata pelajaran IPA. Sampel dalam penelitian ini adalah 304 lembar jawab penilaian ahir semester (PAS) kelas VII semester ganjil di Kabupaten Tegal terdiri dari Negeri 1 Dukuhturi 66 sampel , SMP Negeri 2 Dukuh waruh 95 sampel, SMP Negeri 3 Adiwerna 96 sampel, dan SMP Negeri 1 Tarub 47 sampel. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Teknik analisis menggunakan pemodelan Rasch dengan aplikasi R program versi 4.0.0. Simpulan hasil penelitian bahwa (1) pada butir soal uraian penilaian ahir semester nomer 37, 38, dan 40 di kategorikan mudah. Butir soal nomor 36 dan 39 kategorikan sukar (2) semua soal uraian pada penilaian ahir semester ganjil di lingkungan Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2019/2020 dinyatakan fit semua. Saran dalam penelitian berikutnya bisa menganalisa soal uraian dengan pemodelan Rasch lebih luas lagi.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian ahir semester,Rasch,Kualitas butir,Tes IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: hasbi asshiddiqi mualik
Date Deposited: 25 Aug 2020 05:56
Last Modified: 10 Jan 2023 03:10
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2169

Actions (login required)

View Item View Item