MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Agrestina, Dwi (2019) MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI DWI AGRESTINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Agrestina, Dwi. 2019. Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Talang Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Materi Pokok Aritmetika Sosial). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Suwandono, M. Pd Pembimbing II Isnani, M. Si., M. Pd Kata Kunci : Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Pendekatan Saintifik, Prestasi Belajar Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran CIRC dengan pendekatan Saintifik prestasi belajar matematika peserta didik akan mencapai kriteria ketuntasan sebesar 55% dan rata-rata mencapai KKM, 2) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dengan pendekatan Saintifik keaktifan belajar matematika peserta didik dapat meningkat, 3) Ada pengaruh positif keaktifan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dengan pendekatan Saintifik, 4) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CIRC dengan pendekatan Saintifik lebih baik daripada model pembelajaran Jigsaw terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 248 peserta didik. Dari populasi diambil sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan yang terpilih kelas VII H sebagai kelas eksperimen, kelas VII G sebagai kelas kontrol dan kelas VII F sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Instrumen telah teruji validitas dan reliabilitas dengan taraf signifikansi 5%. Analisis data mengunakan uji proporsi, uji t satu sampel, uji representasi, uji regresi linier sederhana dan uji t pihak kanan dua sampel dimana sebelumnya sudah dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian yang dilakukan pada peserta didik kelas VII semester genap materi Aritmetika Sosial SMP Negeri 3 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 menyatakan bahwa: 1) Model pembelajaran CIRC dengan pendekatan Saintifik terhadap prestasi belajar matematika dapat mencapai kriteria ketuntasan, 2) Model Pembelajaran CIRC dengan pendekatan Saintifik kekatifan belajar matematika peserta didik rendah, 3) Ada pengaruh positif keaktifan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar menggunakan model pembelajaran CIRC dengan pendekatan Saintifik, 4) Model pembelajaran CIRC dengan pendekatan Saintifik lebih baik daripada model pembelajaran Jigsaw terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:26
Last Modified: 07 Feb 2022 01:44
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item