ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA DENGAN PROSEDUR POLYA

Maudy, Tri Anbarwati (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA DENGAN PROSEDUR POLYA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI MAUDY TRI ANBARWATI (1716500034) PRINT PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ANBARWATI, MAUDY TRI. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Segi Empat dan Segitiga Dengan Prosedur Polya (Studi Penelitian Kualitatif Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP N 13 Kota Tegal Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi. Pendidikan matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Unniversitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Paridjo M.Pd. Pembimbing II Ibnu Sina,S.T.,M.Pd.,M.Kom. Kata kunci : Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Berdasarkan Polya Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan persentase peserta didik SMP Negeri 13 Tegal yang menyelesaikan soal sesuai konsep dalam pemecahan masalahan matematis berdasarkan prosedur Polya. (2) Mendeskripsikan penyelesaian soal konsep pemecahan masalah matematis berdasarkan prosedur Polya pada peserta didik SMP Negeri 13 Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII D SMP Negeri 13 Tegal Tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Wujud data penelitian ini daftar nama peserta didik kelas VII D SMP Negri 13 Tegal, soal tes uraian kemampuan pemecahan masalah matematis sejumlah 5 butir soal essay, dan lembar jawab peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada tiga tahapan antara lain: reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan Polya menunjukan bahwa peserta didik yang memenuhi tahapa memahami masalah sebesar 58,4%, menyusun rencana penyelesaian sebesar 76,8%, melaksanakan rencana yang telah disusun sebesar 86,4%, Memeriksa kembali jawaban yang telah ditemukan sebesar 39,2%. (2) Persentase terendah yang sudah dihitung diatas menunjukan lebih dari 25% dan kurang dari 40% maka termasuk kategori yang cukup tinggi dalam kemampuan pemecahan masalah matematis.Dari data diatas dapat disimplkan bahwa konsep pemecahan masalah matematis peserta didik SMP Negeri 13 Tegal berdasarkan prosedur Polya dikatakan kategori cukup tinggi.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Maudy Tri Anbarwati
Date Deposited: 27 Aug 2020 06:32
Last Modified: 11 Jan 2023 01:28
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2399

Actions (login required)

View Item View Item