ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA DYSCALCULIA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BILANGAN BULAT (Studi Penelitian pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas IV SLB Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2019/2020)

Damayanti, Riska Nurmalita (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA DYSCALCULIA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BILANGAN BULAT (Studi Penelitian pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas IV SLB Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI RISKA NURMALITA D (1716500046).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Kata kunci : Kesulitan Belajar , Dyscalculia Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan letak dan jenis kesulitan belajar matematika pada siswa dyscalculia dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat kelas IV SLB Negeri Slawi; dan (2) Mendeskripsikan penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa dyscalculia dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat kelas IV SLB Negeri Slawi. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SLB Negeri Slawi Tahun pelajaran 2019/ 2020. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling berdasarkan orangtua siswa yang menggunakan handphone android. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: letak kesulitan yang dialami siswa dyscalculia di SLB Negeri Slawi adalah (1) kesulitan mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan, (2) kesulitan memahami soal cerita, (3) kesulitan menggunakan simbol lebih dari atau kurang dari, (4) kesulitan mengingat ide atau konsep Matematika yang telah diajarkan, (5) membandingkan bilangan untuk melihat mana yang lebih kecil atau lebih besar. Jenis dyscalculia di SLB Negeri Slawi adalah (1) dyscalculia kualitatif, (2) dyscalculia kuantitatif, (3) dyscalculia intermediate, (4) dyscalculia practognostic, (5) dyscalculia grafis, (6) dyscalculia indiagnostic, dan (7) dyscalculia operasional. Faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar matematika siswa : (1) tunagrahita atau adanya keterbatasan intelegensi siswa yang merupakan bawaan dari lahir, (2) kurangnya fasilitas yang ada disekolah, (3) adanya keterbatasan ekonomi orangtua.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Riska Nurmalita Damayanti
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:35
Last Modified: 10 Jan 2023 01:36
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2470

Actions (login required)

View Item View Item