PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN ABAD 21 PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Dwi, Oktaviyani (2020) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN ABAD 21 PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_DWI_OKTAVIYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Oktaviyani, Dwi. 2020. Pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Abad 21 Peserta Didik SMP pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Muriani Nur Hayati, M.Pd. Pembimbing II : M. Aji Fatkhurrohman, M. Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), keterampilan abad 21. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada materi sistem pernapasan manusia, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP pada materi sistem pernapasan manusia. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 3 Brebes tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling dan diperoleh kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Adapun data diambil dengan menggunakan teknik wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample T-Test dan koefisien determinasi. Sebelumnya data dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan nilai thitung > ttabel yaitu (7,810 > 1,671), (2) peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik sebesar 33,5% dipengaruhi oleh model Project Based Learning (PjBL).

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Dwi Okta Viyani
Date Deposited: 27 Aug 2020 04:26
Last Modified: 10 Jan 2023 01:52
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2483

Actions (login required)

View Item View Item