Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 1-3 Tahun di Desa Kertasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Nurjanah, Siti (2020) Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 1-3 Tahun di Desa Kertasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi fix Siti nurjanah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nurjanah,Siti.2020. “Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 1-3 Tahun di Desa Kertasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing ILeli Triana, S.S., M.Pd Pembimbing IIAfsun Aulia Nirmala, M.Pd. Kata Kunci : pemerolehan bahasa anak usia 1-3 tahun, dan implikasi pembelajara. bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan bahasa pada anak usis 1-3 tahun di Desa Kertasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal dan mendeskripsikan implikasi penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah anak usia 1-3 tahun di Desa Kertasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal. Wujud data penelitian ini berupa tuturan anak menggunakan bahasa Indonesia. Teknik penyediaan data dalam penelitian ini adalah simak libat cakap dan teknik catat. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode padan dan tekniknya menggunakan teknik pilah unsur penentu. Penyajian hasil analisis data secara informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa pada anak usia 1-3 tahun di Desa Kertasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal didapatkan pemerolehan bahasa dalam bidang fonologi lima data, morfologi dua data, sintaksis empat belas data dan semantik lima data. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA, kelas X semester ganjildengan Kompetensi Dasar (KD) 3.11 menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negoisasi dan 4.11Mengonstruksi teks negoisasi dengan memerhatikan isi, struktur, (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan. . Pembelajaran penerapan pemerolehan bahasa pada anak usia 1-3 tahun di Desa kertasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal dapat memperoleh tuturan dalam bidang fonologi, morfologi, sintaksis, dan Semantik. Saran pada penelitian ini bisa dilanjutkan oleh peneliti lain dalam melakukan penelitian bahasa dalam aspek yang berbeda seperti aspek linguistik yang lainnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Siti Nurjanah Janah
Date Deposited: 27 Aug 2020 05:34
Last Modified: 10 Jan 2023 06:43
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2493

Actions (login required)

View Item View Item