HUBUNGAN EMOTIONAL QUOTIENT DENGAN PESERTA DIDIK KORBAN BULLYING BERAT DI KELAS VIII SMPN 3 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Rizki Ismayana, Rizki (2020) HUBUNGAN EMOTIONAL QUOTIENT DENGAN PESERTA DIDIK KORBAN BULLYING BERAT DI KELAS VIII SMPN 3 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Rizki Ismayana (1115500071).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci : Hubungan Emotional Quotient Dengan Peserta Didik Korban Bullying Berat Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang tidak bisa lepas dari dunia pendidikan, maraknya perilaku bullying di sekolah tentunya menjadi sebuah fakta yang bisa dilihat dan bahkan kita alami sendiri ketika di sekolah.Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran fenomena bullying dan dampaknya bagi peserta didik di sekolah, bagaimana hubunganemotional quotient dengan peserta didik korban bullyingdi kelas VIII, apakah kemudian ada hubungan antara tingkat emotional quotient peserta didik korban bullyingberat tersebut dengan bullying yang mereka alami di kelas VIIISMPN 3 Ulujami pada Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik SMPN 3 Ulujami Kabupaten Pemalang. Sampel yang diambil sebanyak 148 peserta didik kelas VIII, dengan menggunakan teknik purposive sample atau sampel bertujuan.Berdasarkan hasil output pada rumus korelasi product moment diatas, dalam penelitian yang sudah dilakukan, terdapat sampel korban bullying berat yaitu 12 peserta didik dengan nilai koefisien korelasi product moment (Pearson Corelation) antara variabel emotional quotient dengan variabel bullying adalah sebesar -0,305. Kemudian nilai r tabel untuk N=12 dengan signifikansi 5% pada distribusi nilai r tabel adalah sebesar 0,576. Jadi dapat diketahui bahwa r hitung -0,305 < r tabel 0,576 atau r hitung -0,305 lebih kecil dari r tabel 0,576. Sehingga dapat disimpulkan hasilnya bahwa ho diterima, dan ha ditolak, dengan kata lain “Tidak ada hubungan antara Emotional Quotient dengan peserta didik korban bullying berat di kelas VIII SMPN 3 Uujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020”

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Rizki Ismayana Rizki
Date Deposited: 28 Aug 2020 00:45
Last Modified: 11 Jan 2023 03:13
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2559

Actions (login required)

View Item View Item