Keefektifan Antara Model Pembelajaran...Circuit Learning dan Problem Solving Learning terhadap…Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Penelitian pada Peserta..Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Tegal Pada..Materi Bangun Ruang)

dian, fitriani putri (2020) Keefektifan Antara Model Pembelajaran...Circuit Learning dan Problem Solving Learning terhadap…Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Penelitian pada Peserta..Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Tegal Pada..Materi Bangun Ruang). Keefektifan Antara Model Pembelajaran...Circuit Learning dan Problem Solving Learning terhadap…Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Penelitian pada Peserta..Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Tegal Pada..Materi Bangun Ruang).

[img] Text
Artikel Dian Fitriani P..pdf

Download (284kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Ciruit Learning telah mencapai KKM. (2) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving Learning telah mencapai KKM. (3) Mengetahui ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Circuit Learning dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Solving Learning. (4) Mengetahui ada pengaruh model pembelajaran Ciruit Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. (5) Mengetahui ada pengaruh model pembelajaran Problem Solving Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 9 Tegal sebanyak 220 peserta didik yang terbagi dalam 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, metode observasi, sebelumnya data diuji dengan validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan uji t, dengan terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas menggunakan uji Liliefors dan Bartlett. matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Ciruit Learning sebanyak 5 Hasil analisis penelitian menunjukkan : 1) Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Ciruit Learning sebanyak 50% telah mencapai KKM 70. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Solving Learning sebanyak 50% telah mencapai KKM 70. 3) Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Circuit Learning dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Solving Learning. 4) Ada pengaruh model pembelajaran Ciruit Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. 5) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: DIAN FITRIANI PUTRI DIAN
Date Deposited: 28 Aug 2020 00:46
Last Modified: 16 Jan 2023 02:32
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2571

Actions (login required)

View Item View Item