Analisis Dampak Parking On Street Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Ahmad Yani Tegal” (Segmen Jalan Perempatan Pos Polisi Alun-Alun Sampai Perempatan Lampu Merah Gantung)

Subianto, Adi (2020) Analisis Dampak Parking On Street Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Ahmad Yani Tegal” (Segmen Jalan Perempatan Pos Polisi Alun-Alun Sampai Perempatan Lampu Merah Gantung). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui volume lalu lintas yang ada di ruas jalan Ahmad Yani Kota Tegal. (2) Menganalisis dampak pengaruh aktifitas parking on street terhadap kinerja lalu lintas di ruas jalan Ahmad Yani dengan indikator kinerja yaitu Derajat Kejenuhan. (3) Megetahui kinerja ruas jalan Ahmad Yani dengan kondisi tanpa adanya parking on street. Penelitian ini menekankan pada masalah kemacetan lalu lintas yang terjadi di ruas jalan Ahmad Yani yang berhubungan dengan parkir di badan jalan (parking on street) teknik analisis data menggunakan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI,1997) dengan variable penelitianya yaitu data volume lalu lintas, hambatan samping, kapasitas jalan, dan derajat kejenuhan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, (1) Jam puncak pada hari Minggu terjadi pada pukul 10:00 – 11:00 wib 1285,7 smp/jam sedangkan pada hari Senin terjadi pada pukul 07:00 – 08:00 wib 1199,7 smp/jam. (2) Adanya parkir di badan jalan (parking on street) menjadikan kinerja ruas jalan Ahmad Yani masuk kategori karakteristik jalan E dengan derajat kejenuhan 0,99 pada hari Minggu dan 0,92 pada hari Senin yang berarti volume lalu lintas mendekati atau berada pada kapasitas tidak stabil, kecepatan terkadang berhenti. (3) Dari hasil simulasi analisis dan perhitungan kinerja ruas jalan saat tanpa adanya parking on street menjadikan kinerja ruas jalan Ahmad Yani yang semula E naik menjadi C dengan derajat kejenuhan 0,48 pada hari Minggu dan 0,45 pada hari Senin yang berarti arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan, pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan. Kata kunci : Parkir, Volume Kendaraan, Kapasitas Jalan

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil
Depositing User: Ady Subianto Ady
Date Deposited: 28 Aug 2020 00:46
Last Modified: 11 Jan 2023 01:50
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2572

Actions (login required)

View Item View Item