KRITIK SOSIAL DALAM LIRIK LAGU ALBUM SHANKARA KARYA IKSAN SKUTER : TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Rizki Ani, Safitri (2020) KRITIK SOSIAL DALAM LIRIK LAGU ALBUM SHANKARA KARYA IKSAN SKUTER : TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
FULL lengkap skripsi kiki alhamdulillah.doc
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Safitri, Rizki Ani 2020. “Kritik Sosial dalam Lirik Lagu Album Shankara Karya Iksan Skuter : Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Kota Tegal. Pembimbing 1 : Dr. Tri Mulyono, M.Pd. Pembimbing II : Agus Riyanto, M.Pd. Kata Kunci : Kritik sosial, Lirik lagu, Pembelajaran Bahasa Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kritik sosial pada lirik lagu dalam album Shankara karya Iksan Skuter dan mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa album Shankara karya Iksan Skuter. Wujud data dalam penelitian ini berupa kalimat, penggalan-penggalan lirik lagu. Identifikasi data pada penelitian ini berupa kandungan kritik sosial pada penggalan lirik lagu dalam album Shankara. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik baca, teknik catat dan teknik studi pustaka. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis menggunakan metode informal. Hasil penelitian tentang kritik sosial yang terkandung pada lirik lagu dalam album Shankara karya Iksan Skuter sebanyak 15 data yang berupa kata pada lirik lagu. Hasil penelitian tentang kritik sosial pada lirik lagu dalam album Shankara karya Iksan Skuter ditemukan 6 jenis kritik sosial meliputi: tiga kritik terhadap kemiskinan, dua kritik terhadap kejahatan, satu kritik terhadap generasi muda, dua kritik terhadap peperangan, dua kritik terhadap lingkungan hidup, dan lima kritik terhadap birokrasi. Implikasi bagi pembelajaran di SMA semester genap kelas XI. Kompetensi dasar dalam pembelajaran ini adalah K.D 3.8 mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca. Penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengembangkan materi pembelajaran bahasa Indonesia yang variasi dan dapat merangsang kepekaan peserta didik terkait kritik sosial. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menambah wawasan yang lebih mengenai sastra berkaitan dengan kritik sosial dalam lirik lagu.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Rizki Ani Safitri
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:05
Last Modified: 11 Jan 2023 03:12
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2617

Actions (login required)

View Item View Item