MAJAS HIPERBOLA, SARKASME, DAN PERSONIFIKASI DALAM LIRIK LAGU ALBUM SLANK KISSME KARYA SLANK DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Szasza Nadiah, Szasza (2020) MAJAS HIPERBOLA, SARKASME, DAN PERSONIFIKASI DALAM LIRIK LAGU ALBUM SLANK KISSME KARYA SLANK DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
skripsi Szasza Nadiah 1516500069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nadiah, Szasza 2020. “Majas Hiperbola, Sarkasme, dan Personifikasi dalam Lirik Lagu Album Slank Kissme Karya Slank dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Kota Tegal. Pembimbing I : Dr. Tri Mulyono, M.Pd. Pembimbing II : Khusnul Khotimah, M.Pd. Kata Kunci : Majas, Lirik Lagu, Pembelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan pada penelitian ini adalah (1) bagaimana majas hiperbola, sarkasme, dan personifikasi dalam lirik lagu album Slank Kissme karya Slank. (2) bagaimana implikasi pembelajaran majas dalam lirik lagu album Slank Kissme karya Slank di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan majas dalam lirik lagu Slank Kissme karya Slank dan mendeskripsikan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa album Slank Kissme karya Slank. Wujud data dalam penelitian ini berupa larik dan bait pada lirik lagu album Slank Kissme karya Slank. Identifikasi data pada penelitian ini tentang gaya bahasa atau majas yang terdapat dalam larik dan bait album Slank Kissme karya Slank. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik simak dan catat. Teknik analisis data ini menggunakan metode deskriptif. Teknik penyajian data menggunakan metode informal. Hasil penelitian tentang penggunaan majas yang terkandung dalam lirik lagu album Slank Kissme karya Slank sebanyak 37 data yang terbagi dalam 3 kategori yaitu 17 data berupa majas hiperbola, 15 majas sarkasme, dan 5 majas personifikasi. Implikasi bagi pembelajaran di SMA semester genap kelas X. Kompetensi dasar dalam pembelajaran ini adalah 3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi dan kompetensi dasar 4.17 Menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Penelitian ini diharapkan membantu guru agar dapat memaksimalkan penggunaan bahan pembelajaran sastra. Hasil penelitian ini diharapkan siswa dapat memahami dan mempelajari ilmu sastra, karena bisa dijadikan referensi pembelajaran. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan referensi sebagai bahan penelitian ilmu sastra bagi para pembaca.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:37
Last Modified: 11 Jan 2023 02:04
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2627

Actions (login required)

View Item View Item