Implementasi mode pembelajaran proyek berbasis science poster untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi pemanasan global

Faridah, Yulianti (2020) Implementasi mode pembelajaran proyek berbasis science poster untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi pemanasan global. Skripsi thesis, Universitas pancasakti kota tegal.

[img] Text
SKRIPSI FARIDAH YULIANTI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK YULIANTI, FARIDAH.2020. Implementasi Model pembelajaran proyek berbasis Science Poster Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Meteri Pemanasan Global.Skripsi.Pendidikan IPA.Fakultas Ilmu Keguruan Dan Pendidikan.Universitas Pancasakti Kota Tegal. Pembimbing I Mobinta Kusuma, M.Pd Pembimbing II Bayu Widiyanto, M.Si Kata Kunci: Model Pembelajaran Proyek, Scince Poster, Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Pemanasan Global. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran proyek berbasis science poster terhadap keterampilan berpikir kreatif pada materi pemanasan global. (2) Mengetahui respon peserta didik setelah pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran berbasis science poster dalam materi pemanasan global. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Smp Negeri 4 Kota Tegal tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 180 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan purposive sampling. Subjek dari penelitian ini diperoleh kela VII F sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan yaitu soal tes, RPP, LKPD, dan angket respon pembelajaran. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran proyek berbasis science poster pada materi pemanasan global. Hal ini dilihat dari nilai asymp.sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05.(2) Respon peserta didik setelah diterapkan pembelajaran IPA dengan mengunakan metode Scince Poster, termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Faridah Yulianti Faridah
Date Deposited: 31 Aug 2020 05:58
Last Modified: 10 Jan 2023 02:22
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2633

Actions (login required)

View Item View Item