IMPLEMENTASI PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN ANALISIS TRANSAKSIONAL DALAM PEMBENTUKAN SOFT SKILLS ANAK SEKOLAH TINGKAT SMP DI BLIMBING KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG

KRISMONIA, WITDYA AMANAH (2021) IMPLEMENTASI PENINGKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN ANALISIS TRANSAKSIONAL DALAM PEMBENTUKAN SOFT SKILLS ANAK SEKOLAH TINGKAT SMP DI BLIMBING KECAMATAN AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, Umiversitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Witdya Amanah Krismonia_1116500065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

AMANAH KRISMONIA, WITDYA. 2020. Judul Skripsi “Implementasi Peningkatan Pendidikan Karakter Dengan Menggunakan Layanan Analisis Transaksional Dalam Pembentukan Soft Skills Anak Sekolah Tingkat SMP Di Desa Blimbing Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang”. Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof. Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS, MM Pembimbing II : Dr. Rahmad Agung N, M.Si Kata Kunci : Layanan Analisis Transaksional, Pembentukan Soft Skills Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) tingkat penbentukan soft skills anak sekolah tingkat SMP sebelum diberikan layanan analisis transaksional, 2) tingkat pembentukan soft skills anak sekolah tingkat SMP setelah diberikan layanan analisis transaksional, 3) layanan analisis transaksional dapat diimplementasikan dalam pembentukan soft skills pada anak sekolah tingkat SMP di Desa Blimbing Kecamatan Ampelgading Kaupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain penelitian ini adalah desain eksperimen pretest-postest kelompok tunggal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 17 anak sekolah, dan jumlah tersebut juga dijadikan sampel karena kurang dari 50. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis t-test. Hasil penelitian menunjukkan hasil análisis statistik deskriptif bahwa pembentukan soft skills sebelum diberikan layanan analisis transaksional adalah dalam kategori rendah sebanyak 7 anak (41,18%) pembentukan soft skills setelah diberikan layanan analisis transaksional adalah dalam kategori tinggi sebanyak 9 anak (52,94%). Adanya peran pemberian layanan analisis transaksional dalam pembentukan soft skills dilihat dari hasil uji t-test diperoleh nilai thitung sebesar 10,67. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 17 – 1 = 16 dimana diperoleh ttabel = 2,210 ternyata thitung = 10,67> ttabel = 2,210 yang berarti hipotesis nihil ditolak dan menerima hipotesis alternatif berbunyi “Terdapat peran layanan analisis transaksional dalam pembentukan soft skills pada anak seolah tingkat SMP di Desa Blimbing Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang” Bagi guru Bimbingan dan Konseling, tingkat pembentukan soft skills dalam kategori tinggi dalam arti anak sekolah tingkat SMP mampu merencanakan dan menentukan potensi yang dimiliki untuk masa depannya, dapat dijadikan acuan bagi guru BK dalam memaksimalkan pemberian layanan khusus bagi anak sekolah yang akan lulus atau yang ingin mengasah dan mengembangkan soft skills.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:14
Last Modified: 04 Feb 2022 01:50
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3314

Actions (login required)

View Item View Item