ANALISA PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP EFEKTIVITAS PENGGUNA JALAN KOTA TEGAL (STUDI KASUS RUAS JALAN LETJEN SUPRAPTO KOTA TEGAL)

Maulana Rudyansah, Gilang (2021) ANALISA PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP EFEKTIVITAS PENGGUNA JALAN KOTA TEGAL (STUDI KASUS RUAS JALAN LETJEN SUPRAPTO KOTA TEGAL). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_GILANG_MAULANA_R[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Gilang Maulana Rudyansah, 2020 “Analisa Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Efektivitas Pengguna Jalan Kota Tegal (Studi Kasus Ruas Jalan Letjend Suprapto Kota Tegal)”. Laporan Skripsi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal 2020. Kota Tegal merupakan salah satu wilayah yang sedang mengalami perkembangan yang pesat, dimana penduduknya kian waktu kian bertambah. Dimana Kota Tegal salah satu kota pesisir utara Jawa yang perkembangannya cukup pesat dalam berbagai aspek kehidupan. Selain sebagai kota transit karena memiliki banyak keunggulan yaitu sebagai kota indrustri, kota wisata, maupun kota berbagai sajian kuliner dengan ragam aktivitas masyarakatnya. Pada Kota Tegal terdapat Jl. Letjend Suprapto dimana jalan tersebut memiliki aktifitas lalu lintas yang padat karena pada jalan tersebut terdapat pertokoan, pusat perbelanjaan, dan SPBU. Dengan aktivitas tersebut menimbulkan tingginya nilai hambatan samping pada suatu ruas jalan akan menyebabkan penurunan pada kinerja jalan. Besarnya hambatan samping sangat berpengaruh terhadap kapasitas ruas jalan dan kecepatan kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan kinerja lalu lintas pada beberapa kondisi hambatan samping dan menentukan solusi perencanaan untuk memperbaiki kinerja lalu lintas. Penelitian yang dilakukan yaitu berupa survei volume lalu lintas (LHR) untuk melihat tingkat kepadatan kendaraan, kemudian survei hambatan samping untuk melihat besarnya pengaruh gangguan dan survei kecepatan sesaat baik terganggu dan tak terganggu hambatan samping. Penelitian dilakukan pada hari Sabtu, Senin, dan Jum’at pada ruas Jl. Letjend Suprapto Kota Tegal. Perhitungan selanjutnya digunakan dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk Jalan Dalam Kota. Berdasarkan hasil perhitungan, maka didapatkan nilai derajat kejenuhan tertinggi yaitu 0.878 dengan jumlah volume kendaraan sebesar 1835 smp/jam/2 arah sementara kapasitas ruas jalan dengan adanya hambatan samping (parkir badan jalan) sebesar 2.090 smp/jam/2 arah, sedangkan kapasitas ruas jalan jika tanpa hambatan samping (parkir badan jalan) sebesar 3.063 smp/jam/2 arah. Tingkat hambatan samping sangat mempengaruhi penurunan kinerja jalan untuk itu diperlukan solusi penanganan seperti pengadaan lahan parkir. Kata Kunci : Hambatan Samping, Volume Lalu Lintas, Jalan Kota

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:18
Last Modified: 09 Jan 2023 04:39
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3386

Actions (login required)

View Item View Item