IMPLIKATUR PERCAKAPAN PADA TUTURAN PEMBAWA ACARA ROSI SPESIAL DI KOMPAS TV DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Pratiwi, Rizky Nurulita (2021) IMPLIKATUR PERCAKAPAN PADA TUTURAN PEMBAWA ACARA ROSI SPESIAL DI KOMPAS TV DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nurulita, Rizky Pratiwi. 2021. “Implikatur Percakapan Pada Tuturan Pembawa Acara Rosi Spesial Di Kompas TV Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Burhan Eko Purwano, M.Hum. Pembimbing II : Khusnul Khotimah, M.Pd. Kata Kunci : implikatur percakapan, implikasi Penelitian ini mengkaji tentang implikatur percakapan pada tuturanpembawa acara Rosi Spesial di Kompas TV dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis, fungsi dan tujuan implikatur percakapan yang digunakan pembawa acara Rosi Spesial di Kompas TV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif. Sumber data penelitian ini adalah bentuk Adapun sumber data yang digunakan adalah acara Talk show Rosi Spesial di Kompas TV. Teknik penyediaan data penelitian ini adalah teknik simak, rekam, dan catat. Analisis data menggunakan metode padan pragmatis dengan teknik pilah unsur penentu. Penyajian hasil analisis dataa penelitian ini menggunakan penyajian hasil analisis data secara informal. Hasil penelitian ini enunjukan bahwa implikatur percakapan pada tuturan pembawa acara Rosi Spesial di Kompas TV diperoleh 60 kutipan , antara lain implikatur percakapan umum sebanyak 23 data dengan, implikatur percakapan khusus 27 data dan implikatur pranggapan 10 data. Fungsi dan tujuan implikatur percapakan yang digunakan pembaca acara Kompas TV, meliputi untuk: menginfromasi sebanyak 11 data, menanyakan sebanyak 22 data, mengapreasiasikan sebanyak 11 data, keheranan 3 data, memuji sebanyak 2 data, mengidentifikasikan sebanyak 3 data, mengharapkan sebanyak 1 data dan penasaran sebanyak 7 data. Hasil penelitian dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI (Sebelas) semester genap pada materi menganalisis teks eksplanasi pada saat pendahuluan dan kegiatan inti pembelajaran, karena dalam teks eksplanasi peserta didik dapat mengeskpresikan dan menyimpulkan sesuatu sesuai apa yang dirasakan dan didapatkan. Saran yang dapat diberikan terkait penelitian ini diharapkan dapat membantu pembaca dalam memahami kajian ilmu bahasa, karena dapat dijadikan pembelajaran nilai-nilai positif dalam tindak tutur, serta dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya yang lebih baik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:41
Last Modified: 03 Feb 2022 07:02
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3438

Actions (login required)

View Item View Item