LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENURUNKAN TINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS X BDP SMK NEGERI 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SAVITRI, INDRI (2021) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENURUNKAN TINGKAT PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS X BDP SMK NEGERI 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_INDRI SAVITRI_1116500026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SAVITRI, INDRI. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Experiential Learning Untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas X BDP SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020. Pembimbing I : Prof. Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS, MM Pembimbing II: Sri Adi Nurhayati, S. Psi, MM. Kata kunci : bimbingan kelompok, experiental learning, prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan dari untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok berpendekatan experiental learning untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik peserta didik kelas X BDP SMK Negeri 1 Dukuhturi kabupaten Tegal Tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. pengumpulan data menggunakan metode kuesioner kepada 35 orang siswa. Pengolahan data menggunakan uji deskriptif presentase dan Analisis Uji-t (Intact-Group Comparasion). Hasil uji data penelitian diketahui Tingkat prokrastinasi akademik peserta didik sebelum pemberian layanan bimbingan kelompok berpendekatan experiental learning dalam kategori tinggi sebesar 29 %. Tingkat prokrastinasi akademik peserta didik setelah pemberian layanan bimbingan kelompok berpendekatan experiental learning diperoleh kategori sedang atau sebesar 26 %. Hasil pengujian hubungan pemberian layanan bimbingan kelompok berpendekatan experiental learning dalam menurunkan tingkat prokrastinasi akademik diperoleh nilai nilai thitung sebesar 8,123 dan ttabel dengan derajat kebebasan (dk) 35-1 = 34, dan pada taraf signifikan 5% didapat ttabel sebesar 2,032. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (8,123 > 2,032), maka dapat diputuskan hipotesis (Ha) diterima yang menyatakan adanya Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Experiential Learning untuk menurunkan prokrastinasi akademik peserta didik kelas X BDP SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: bimbingan kelompok, experiental learning, prokrastinasi akademik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2021 04:28
Last Modified: 03 Feb 2022 04:08
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3588

Actions (login required)

View Item View Item