PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KOMPETENSI ABAD 21 DI MASA PANDEMI (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap di SMA Negeri 3 Pemalang Tahun Ajaran 2020/2021 Pada Materi Pokok Trigonometri)

AFRIZAL ALIMUDIN, . (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KOMPETENSI ABAD 21 DI MASA PANDEMI (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap di SMA Negeri 3 Pemalang Tahun Ajaran 2020/2021 Pada Materi Pokok Trigonometri). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Afrizal A - Skripsi - Afrizal Alimudin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ALIMUDIN, AFRIZAL. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar dan Kompetensi Abad 21 Di Masa Pandemi (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap di SMA N 3 Pemalang Tahun Ajaran 2020/2021 Pada Materi Pokok Trigonometri). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal Pembimbing I Dra. Eleonora DW., M.Pd Pembimbing II Ibnu Sina., ST., M.Pd., M.Kom Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif, Media Sosial, Motivasi Belajar, Kompetensi Abad 21 Penelitian ini difokuskan pada pengaplikasian model pembelajaran kooperatif yang memadukan penggunaan media sosial di dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan media sosial terhadap motivasi belajar dan kompetensi abad 21. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas X IPS semester 2 SMA Negeri 3 Pemalang tahun pelajaran 2020/2021 sejumlah 142 peserta didik yang dibagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling. Sampel yang diambil adalah 2 kelas yang selanjutnya dijadikan sebagai kelas eksperimen 1 dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif berbantuan media sosial, dan kelas eksperimen 2 dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif. Pengambilan data dengan teknik angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Untuk uji validitas dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu diujikan kepada kelas ujicoba yang berjumlah 21 peserta didik. Analisis data di penelitian ini menggunakan uji Independent sample t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan media sosial terhadap motivasi belajar dan kompetensi abad 21 peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Nov 2021 06:14
Last Modified: 03 Feb 2022 00:36
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4201

Actions (login required)

View Item View Item