PENGARUH KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 SONGGOM

SUSI ERNAWATI, . (2021) PENGARUH KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 SONGGOM. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI SUSI ERNAWATI FIX - Susi ernawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ERNAWATI, SUSI. 2021. Pengaruh Kinerja Guru dan Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK Negeri 2 Songgom. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Hj. Dewi Apriani, Fr.MM Pembimbing II Dr. Beni Habibi, M.Pd Kata Kunci : Kinerja Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya (1) pengaruh kinerja guru pada masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi, (2) pengaruh motivasi belajar pada masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi, (3) pengaruh kinerja guru dan motivasi belajar pada masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI jurusan AKL di SMK Negeri 2 Songgom berjumlah 138 siswa dan sampel sebanyak 58 siswa. teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Teknik Proporsional Random Sampling. Metode pengumpulan data digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif, regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Perhitungan pengujian hipotesis dibantu menggunakan program SPSS versi 22. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh (1) kinerja guru pada masa pandemi covid-1 terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi sebesar 20,4%, dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,784 >1,673; (2) motivasi belajar pada masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi sebesar 20,1%, dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,751 > 1,673; (3) kinerja guru dan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi sebesar 36%, dengan nilai f hitung > f tabel yaitu 15,477 > 3,165. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa kinerja guru dan motivasi belajar pada masa pandemi covid-19 berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan bagi kepala sekolah, guru dan siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 2 Songgom untuk meningkatkan kinerja dalam kegiatan pembelajaran dan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:35
Last Modified: 02 Feb 2022 07:56
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4221

Actions (login required)

View Item View Item