ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

MENTARI IZZATI, . (2021) ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Mentari Izzati 1717500029 - mentari izzati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Izzati, Mentari. 2021. Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar pada Proses Pembelajaran Matematika selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun 2020/2021). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Rizqi Amaliyakh Sholikhakh, M.Pd Pembimbing II Drs. Suwandono, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika, Kemandirian Belajar, Pandemi Covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesulitan pemahaman konsep peserta didik pada materi statistika dan keterkaitan antara pemahaman konsep dengan kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhturi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas VIII E Semester 2 SMP Negeri 1 Dukuhturi, yang dipilih dari masing-masing pemahaman konsep dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil tes pemahaman konsep matematika peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematika, wawancara, angket kemandirian belajar, dan dokumentasi. Hasil peneliti menunjukkan bahwa yang mempunyai tingkat pemahaman konsep tinggi belum tentu memiliki kemandirian belajar yang tinggi juga. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Letak kesulitan pemahaman konsep matematika pada materi statistika, ketidakmampuan dalam menentukan kuartil dengan benar, dalam mengaitkan konsep eksternal matematika yaitu materi aljabar dan perbandingan, serta dalam memahami soal cerita. 2) Keterkaitan antara pemahaman konsep dengan kemandirian belajar pada subjek T1 dan S2 mempunyai keterkaitan. Sementara pada subjek T2, S1, R1 dan R2 tidak ada keterkaitan antara pemahaman konsep dengan kemandirian belajar matematika

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Dec 2021 04:02
Last Modified: 02 Feb 2022 07:18
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4330

Actions (login required)

View Item View Item