Urgensi Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasca Pandemi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009

Novitasari, . (2022) Urgensi Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Pasca Pandemi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
NOVITASARI-5118500246-URGENSI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PASCA PANDEMI BERDASARKAN UU KESEHATAN-SKRIPSI PERDATA - Adi Zaenur Rochmat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)

Abstract

Masalah pelayanan publik yang terjadi di Indonesia merupakan masa krisis kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah sebagai birokrasi publik. Gejala ini mulai tampak dengan semakin rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap birokrasi publik yang ditandai adanya protes dan demonstrasi oleh berbagai komponen masyarakat, baik ditingkat pusat ataupun daerah. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pemerintah telah mengeluarkan kebijakan yang bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan pemerintah sehingga menciptakan iklim pelayanan prima pada setiap instansi pemerintah. Tujuan penelitian ini yaitu : 1.Untuk mengkaji bagaimana mengenai pelaksanaan pelayanan kesehatan pasca pandemi berdasarkan Undang-Undang Kesehatan, 2.Untuk menganalisa dan mengetahui urgensi dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan pasca pandemi berdasarkan Undang-Undang Kesehatan. Merode dalam penelitian ini terdiri dari jenis penelitian yaitu studi kepustakaan (library research), pendekatan penelitian menggunakan pendekatan yuridis normatif, sumber data yang digunakan yaitu data sekunder, yang dikumpulkan dan dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu Pelayanan kesehatan pasca pandemi berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, pelaksanaan pelayanan kesehatan tetap beracuan pada peraturan sebelumya yang telah mengatur mengenai teknis dan standar pelayanan dalam dunia kesehatan Indonesia dan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Urgensi peningkatan pelayanan kesehatan pasca pandemi Penerapan brdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan sebagai urgensi pelayanan kesehatan pasca pandemi covid 19 masih belumefektif dalam mengakomodir secara utuh hak masyarakat Indonesia dalam memperoleh jaminan kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, akademisi, praktisi, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal. Kata kunci : Pelayanan, Kesehatan, Pandemi

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:20
Last Modified: 11 Mar 2022 06:20
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4571

Actions (login required)

View Item View Item