ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI INDIKATOR TES LITERASI MATEMATIKA MODEL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT (PISA) (Studi Penelitian Kualitatif Peserta Didik Kelas X Akuntansi Semester Genap SMK N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022)

MEIKE HIDAYATI, . (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI INDIKATOR TES LITERASI MATEMATIKA MODEL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT (PISA) (Studi Penelitian Kualitatif Peserta Didik Kelas X Akuntansi Semester Genap SMK N 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
MEIKE HIDAYATI_PMTK_ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI INDIKATOR TES LITERASI MATEMATIKA MODEL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESMENT (PISA) - Meike Hidayati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
MEIKE-BAB 1 - Meike Hidayati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
MEIKE-BAB 2 - Meike Hidayati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
MEIKE-BAB 3 - Meike Hidayati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)

Abstract

HIDAYATI, MEIKE. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Indikator Tes Literasi Matematika Model Programme For International Student Assesment (PISA) (Studi Penelitian Kualitatif Peserta Didik Kelas X Akuntansi Semester Genap SMK N 1 Dukuhturi Kabupaten Tahun Pelajaran 2021/2022)” Pembimbing I : Dra. Eleonora Dwi W., M,pd Pembimbing II : Ahmadi S.Pd., M.Si Kata kunci: Kemampuan literasi matematika, Programme For International Student Assesment (PISA) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa SMK N 1 Dukuhturi kabupaten Tegal tahun ajaran 2021/2022 dalam menyelesaikan soal Program For International Student Assessment (PISA). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yaitu 2 siswa dari masing-masing tingkat kemampuan literasi matematika tinggi, sedang, dan rendah. Adapun indikator kemampuan literasi matematika dalam penelitian ini mengacu pada indikator proses matematika yaitu (1) Merumuskan situasi nyata secara matematika, (2) Menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematika, dan (3) Menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan literasi matematika tinggi menghasilkan capaian rata-rata angka sebesar 74,90%. Dapat menyelesaikan soal nomor 1,2,4,5 dan 6 dengan baik, bisa dikatakan dapat mengerjakan soal sampai level 5. (2) Kemampuan literasi matematika sedang menghasilkan capaian rata-rata angka sebesar 57,06%. Dapat menyelesaikan soal nomor 1,2,5,6 dengan baik, bisa dikatakan dapat mengerjakan soal sampai dengan level 4. (3) Kemampuan literasi matematika rendah menghasilkan capaian rata-rata angka sebesar 23,05%. Dapat menyelesaikan soal nomor 1dan 2 dengan baik, bisa dikatakan dapat mengerjakan soal sampai dengan level 2.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:27
Last Modified: 29 Dec 2022 06:23
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5634

Actions (login required)

View Item View Item