ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE (MOBILE LEGEND, PUBG MOBILE, FREE FIRE) PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 BALAPULANG

Dwiki Al Noveris, . (2022) ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE (MOBILE LEGEND, PUBG MOBILE, FREE FIRE) PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 BALAPULANG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Dwiki al noveris (2116500008) fix - copy (1) - Dwiki Al Noveris.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB I veris - Dwiki Al Noveris.docx
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB II veris - Dwiki Al Noveris.docx
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
BAB III veris - Dwiki Al Noveris.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)

Abstract

Dwiki Al Noveris, 2216500008, ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE (MOBILE LEGEND, PUBG MOBILE, FREE FIRE) PADA SISWA DI SMA N 1 BALAPULANG. SKRIPSI. Pembimbing I : Ike Desi Florina M.I.Kom. Pembimbing II : Sarwo Edy M.I.kom. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Panca Sakti Tegal. Di Indonesia saat ini memasuki era Revolusi Industry 4.0, era dimana semua serba digital dalam segala hal. Perkembangan kemajuan teknologi saat ini sangat memudahkan kita dalam melakukan apa saja mulai dari belanja melalui e-commerce, belajar online, bertukar pesan melalui media sosial bahkan bermain Game Online bersama tanpa harus berdekatan dengan teman. Game adalah sesuatu yang dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, dari bermain game memiliki dampak yang bisa terjadi kepada pemain game online. Dampak Psikologis secara tidak langsung telah mempengaruhi alam bawah sadar remaja bahwa kehidupan nyata ini adalah layaknya seperti game online, Dampak Akademik usia remaja pada usia sekolah yang memiliki peran sebagai siswa disekolah kecanduan game online dapat membuat performa akademiknya menurun, Dampak Sosial remaja yang terbiasa hidup di dunia maya umumnya kesulitan ketika harus bersosialisasi didunia nyata dan memiliki sikap anti sosial tidak memiliki keinginan berbaur dengan masyarakat. Metode yang digunakan peneliti adalah Deskriptif Kualitatif bagaimana dampak yang terjadi pada siswa di SMA N 1 Balapulang. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik wawancara pada beberapa informan diantaranya yaitu 3 siswa SMA N 1 Balapulang sebagai informan utama dan 2 informan pendukung yaitu Guru SMA N 1 balapulang dan Orang tua Siswa. Serta menggunakan Data Primer sebagai data pendukung peneliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Dampak psikologis, negatifnya siswa mudah marah, mudah mengucapkan kata kata tidak pantas, nada bicara keras, menjerumus pada tindak kekerasan, positifnya menjadi atlet esports professional, menghibur diri dan menghilangkan kepenatan. 2) Dampak akademik, negatifnya minat belajar menjadi menurun, proses belajar terganggu, nilai dan prestasi menurun, tidak bisa mengatur waktu belajar dan bermain game. Positifnya mengasah ketrampilan otak dalam mengatur strategy, lebih mengenal teknologi modern. 3) Dampak sosial, negatifnya kurang bersosialisasi dengan masyarakat keluarga dan menjadi anti sosial. positifnya menambah teman didunia maya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Oct 2022 01:29
Last Modified: 29 Dec 2022 02:50
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5772

Actions (login required)

View Item View Item