EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM UJI SERTIFIKASIKOMPETENSI MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA LSP-P1 SMK NEGERI 1 TONJONG KABUPATEN BREBES

SANURI, . (2023) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM UJI SERTIFIKASIKOMPETENSI MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA LSP-P1 SMK NEGERI 1 TONJONG KABUPATEN BREBES. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
TESIS SANURI COVER - BAB 3 - Coach SANURI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SANURI TESIS BAB 4-5 - Coach SANURI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Coach SANURI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sanuri, 2022. “Evaluasi Pelaksanaan Program Uji Sertifikasi Kompetensi Menggunakan Model CIPP Pada LSP-P1 SMK Negeri 1 Tonjong Kabupaten Brebes”. Tesis Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Basukiyatno, M.Pd. Pembimbing II Dr. Beni Habibi, M.Pd. Kata Kunci: Evaluasi, CIPP, Uji Kompetensi, LSP-P1 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi peserta didik SMK pada LSP-P1 SMK Negeri 1 Tonjong Kabupaten Brebes. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan CIPP yang meliputi aspek (1) context, (2) input, (3) process, (4) product. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tonjong Kabupaten Brebes. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru dan peserta didik SMK Negeri 1 Tonjong yang melakukan uji kompetensi keahlian pada LSP-P1. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposif. Kriteria pemilihan reponden /sampel antara lain Ketua Kompetensi Keahlian dan Guru Produktif SMK Negeri 1 Tonjong yang sudah memiliki sertifikat Asesor. Sampel berjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Uji validitas dengan validitas isi melalui expert judgement, validitas konstruk dengan uji terbatas serta dilakukan analisis product moment. Uji reliabilitas dengan menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pendeskripsian data menggunakan pendekatan kategori jenjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi pada LSP-P1 SMK Negeri 1 Tonjong pada aspek : (1) context termasuk dalam katagori sangat baik dengan memperoleh nilai 36,35 (82,61 %); (2) input termasuk dalam katogori sangat baik dengan memperoleh nilai 44,32 (85,23 %); (3) process termasuk dalam katagori sangat baik dengan memperoleh nilai 56,89 (83,66 %); (4) product termasuk dalam katagori sangat baik dengan nilai 26,73 (83,53 %). Pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi pada LSP-P1 SMK Negeri 1 Tonjong secara keseluruhan berjalan sangat sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan namun demikian perlu ditingkatkan lagi dalam modernisasi peralatan kerja dan jalinan kerja sama dengan industri baik skala nasional maupun internasional untuk meningkatkan kepercayaan dunia industri terhadap kepemilikan lisensi sertifikat kompetensi sebagai informasi kemampuan kompetensi calon tenaga kerja.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:06
Last Modified: 07 Feb 2023 03:06
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6107

Actions (login required)

View Item View Item