PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PROJEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PROJEK IPAS PADA PESERTA DIDIK FASE E SMK NEGERI 1 ADIWERNA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Tanti, . (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PROJEK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PROJEK IPAS PADA PESERTA DIDIK FASE E SMK NEGERI 1 ADIWERNA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER_BAB 1 S.D.3_TANTI - tanti Adb.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 4 DAN 5_TANTI - tanti Adb.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN 1_merged (2) - tanti Adb.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tanti. 2022. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Projek untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Projek IPAS Pada Peserta Didik Fase E SMK Negeri 1 Adiwerna Tahun Pelajaran 2021/2022”. Tesis, Program Studi Magister Pedagogi, Program Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum., Pembimbing II Dr. Beni Habibi, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Modul Ajar, Prestasi Belajar, Projek IPAS Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk mengetahui kelayakan pengembangan Modul Ajar mata pelajaran Projek Ilmu Pengetahuan alam dan Sosial yang dapat meningklatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas X SMK Pusat Keunggulan. Jenis artikel ini adalah analisis konseptual dengan menggunakan metode Risearch and Development mengacu pada model Borg & Gall. Hasil yang diperoleh adalah modul ajar yang sangat layak menurut ahli materi, ahli dalam pembelajaran serta pengguna modul ajar . Modul ajar dinilai efektif karena pada analisis data dengan uji t pada prestasi peserta didik dengan taraf signifikan lebih besar dari 0,05. Pada uji lapangan awal diperoleh nilai rata-rata 75,85, uji lapangan utama diperoleh nilai rata-rata 78,76 dan uji lapangan operasional diperoleh nilai rata-rata 80,10. Nilai uji lapangan awal dengan uji lapangan utama naik secara signifikan dengan nilai 0,113, sedangkan uji lapangan utama dan uji lapangan operasional juga naik secara signifikan dengan perolehan nilai 0,398, sehingga menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran yang menggunakan pengembangan modul ajar berbasis projek dengan pembelajaran yang tidak menggunakan modul ajar berbasis projek. Hasil pengembangan modul ajar diimplementasikan pada kurikulum merdeka tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:47
Last Modified: 09 Feb 2023 02:47
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6131

Actions (login required)

View Item View Item