UPAYA MEMINIMALISIR PERSEPSI NEGATIF PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN INFORMASI TERHADAP KEBERADAAN GURU BK (Studi Kasus Pada Kelas X IPS 4 SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019)

AMALIA NUR., RIZKI (2019) UPAYA MEMINIMALISIR PERSEPSI NEGATIF PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN INFORMASI TERHADAP KEBERADAAN GURU BK (Studi Kasus Pada Kelas X IPS 4 SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RIZKI, AMALIA NUR. 2019. Upaya Meminimalisir Persepsi Negatif Peserta Didik Melalui Layanan Informasi terhadap Keberadaan Guru BK (Studi Kasus pada Kelas X IPS 4 SMA Negeri 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Sukoco KW, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Maufur, M.Pd. Kata Kunci : Persepsi Negatif, Layanan Informasi. Guru BK Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya beberapa peserta didik yang mempunyai persepsi negatif terhadap guru BK. Sebagian merasa takut dengan guru BK. Sikap tegas guru BK kepada mereka dianggap sebagai sikap yang galak. Saat mereka dipanggil ke ruang BK, mereka merasa cemas, gugup, bahkan ada yang merasa kesal serta beranggapan jika mereka dipanggil oleh guru BK tandanya mereka sedang mempunyai masalah. BK dianggap tidak utuh, karena banyak yang kurang mengetahui peran dan fungsi guru BK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) deskripsi persepsi negatif peserta didik terhadap guru BK di SMA Negeri 4 Kota Tegal, 2) penerapan layanan informasi pada persepsi negatif peserta didik di SMA Negeri 4 Kota Tegal, dan 3) hasil layanan informasi untuk meminimalisir persepsi negatif terhadap guru BK di SMA Negeri 4 Kota Tegal. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode studi kasus. Sampel yang diambil adalah 3 peserta didik dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data dilakukan sejak sebelum, selama, dan setelah di lapangan mengikuti konsep yang diberikan Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan adanya temuan-temuan data berupa: 1) persepsi negatif subyek, seperti: guru BK dianggap kurang aktif, kurang peduli, dan kurang ramah, 2) penerapan layanan informasi dilakukan selama 4 kali secara kelompok dan klasikal dengan metode ceramah dan diskusi, dan 3) hasil penerapan layanan informasi terdapat perubahan persepsi dari subyek, seperti kinerja guru BK lebih baik lagi, subyek tersadar bahwa guru BK di SMA mempunyai karakter yang berbeda dari guru BKnya saat di SMP. Adapun saran yang diberikan, yaitu: 1) diharapkan peserta didik dapat memahami peran dan fungsi guru BK, 2) sebaiknya saat memberikan layanan informasi dapat memberikan inovasi dan kreativitas baru, dan 3) sebaiknya guru BK memberikan pemahaman tentang ke BK-an dan melakukan pendekatan dengan peserta didik supaya terjadi interaksi di dalamnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:48
Last Modified: 04 Feb 2022 06:33
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item