PENGARUH KONSELING INDIVIDU TERHADAP PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK DI KELAS IX C SMP NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MUHAMMAD FIKRI HAIKAL, . (2023) PENGARUH KONSELING INDIVIDU TERHADAP PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK DI KELAS IX C SMP NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover . bab 1 - 3 - Muhammad Fikri Haikal.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
CamScanner 02-11-2023 15.10.29_compressed - Muhammad Fikri Haikal.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
CamScanner 02-11-2023 15.25.05_compressed - Muhammad Fikri Haikal.pdf.docx

Download (1MB)

Abstract

HAIKAL, MUHAMMAD FIKRI. 2022. 1118500006. “Pengaruh Konseling Individu Terhadap Perilaku Agresif Peserta Didik di Kelas IX C SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof. Dr. Sitti Hartinah DS, MM. Pembimbing II: Hastin Budisiwi M.Pd. Kata Kunci : Pengaruh, Konseling Individu, Perilaku Agresif, Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konseling individu dengan perilaku agresif pada siswa kelas IX C SMP Negeri 3 Brebes tahun ajaran 2022/2023, serta untuk mengetahui pengaruh konseling individu terhadap perilaku agresif pada populasi siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari 29 siswa kelas IX C SMP Negeri 3 Brebes tahun ajaran 2022/2023, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan beberapa metode untuk mengumpulkan data, yaitu observasi, kusioner, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat layanan konseling individu pada siswa berada pada kategori tinggi, dan tingkat perilaku agresif pada siswa juga berada pada kategori tinggi. Hasil validitas menunjukan bahwa seluruh item yang terdapat pada konseling individu adalah valid. Dan 20 item pada perilaku agresif gugur. Hasil reliabilitas menunjukan bahwa keseluruhan variabel mendapatkan hasil reliabel. Item yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 30 item untuk variabel konseling individu dan 30 item untuk variabel perilaku agresif. Data dari analisis regresi linier sederhana mendukung gagasan bahwa layanan konseling individu berdampak pada pengurangan perilaku agresif di kalangan siswa, karena analisis tersebut menghasilkan penerimaan Ha, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,014 < 0,05. Kesimpulannya konseling individu memiliki dampak yang signifikan dalam mengurangi perilaku agresif di kalangan siswa, sebagaimana ditentukan oleh analisis regresi linier sederhana. Penelitian ini menyarankan agar sekolah dan guru bekerja sama dengan orang tua untuk mengevaluasi efektivitas layanan konseling individu dan memberikan dukungan yang diperlukan di rumah kepada siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:05
Last Modified: 08 Mar 2023 03:05
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6426

Actions (login required)

View Item View Item