PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO CONFERENCEDALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWAPENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMUPENDIDIKANUNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL

GANANG CHANDRA PRATAMA, . (2023) PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO CONFERENCEDALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWAPENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMUPENDIDIKANUNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover Bab 1-3 - Ganang Pratama.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4-5 - Ganang Pratama.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
Dafpus & Lampiran - Ganang Pratama.pdf.docx

Download (2MB)

Abstract

PRATAMA,GANANG.2023.PerananMediaPembelajaranBerbasisVideoConference Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa PendidikanEkonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PancasaktiTegal.Skripsi.PendidikanEkonomi.FakultasKeguruandanIlmuPendidikan.Universitas Pancasakti Tegal. PembimbingI : Neni Hendaryati, M.PdPembimbingII :Dr.H.Basukiyatno,M.Pd KataKunci:PerananMediaPembelajaran,VideoConference,MinatBelajarMahasiswa Pokok permasalahan penelitian ini tentang Peranan Media PembelajaranBerbasisVideoConferenceDalamMeningkatkanMinatBelajarMahasiswaPendidikanEkonomiFakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitasPancasaktiTegal.Penelitianinibertujuanuntuk:1)Mengetahuiperanvideoconferencesebagaimediadalampembelajaran.,2)Mengetahuiminatbelajarmahasiswa pendidikan ekonomi, 3) Mengetahui peranan media video conferencedalammeningkatkan minat belajar mahasiswa. Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulandatadilakukan melalui observasi,wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasildaripenelitianini:1)pembelajaranmenggunakanmediapembelajaran berlangsung cukup efektif. 2) perkembangan teknologi mendukungprosespembelajarandilakukanmenggunakanmediapembelajaranagarlebihkreatifdaninovatif.3)Upayapendidikuntukberinovasiselamaprosespembelajaranberlangsungpunsudahdilakukandenganadanyamenggunakanpowerpoint,danlain-lainuntukmerangsangminatbelajarmahasiswa.Akantetapikurangnya sarana prasana menjadi kendala tersendiri bagi peserta didik untukmelaksanakanprosespembelajaranmenggunakanmediapembelajaranvideoconference. 4) Aktivitas yang dilakukan peserta didik untuk mengikuti prosespembelajaran menggunakan media pembelajaran video conference sudah cukupantusiasdan merasasenangselamamengikuti proses pembelajaranberlangsung. Peran media pembelajaran video conference dalam meningkatkan minatbelajar mahasiswa dinilai efektif, dimana menggunakan media pembelajaran videoconference seperti Zoom dan Google Meet. Penggunaan video conference danperpaduandenganmedialainsepertipowerpointataupunwhiteboardjugamenggantikan prose belajar secara luring karena adanya interaksi antara pendidikdenganpesertadidiksehinggapesertadidikmerasasemanagatagarbisamamahamimateri yang telah disampaikan oleh pendidik karena merasa diawasi oleh pendidiksaatpembelajaran berlangsung.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:30
Last Modified: 09 Mar 2023 07:30
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6452

Actions (login required)

View Item View Item