PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE LEARNING BERBASIS WEBSITE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS MATERI SISTEM TATA SURYA

RAHMA ANINDITA CAHYANINGTYAS, . (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE LEARNING BERBASIS WEBSITE TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS MATERI SISTEM TATA SURYA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover s.d Bab 3 untuk Perpus - anindita tyas.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4 - Bab 5 untuk Perpus - anindita tyas.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
Daftar Pustaka s.d Lampiran untuk Perpus - anindita tyas.pdf.docx

Download (4MB)

Abstract

Anindita, Rahma Cahyaningtyas. 2023. Pengaruh Penggunaan Mobile Learning Berbasis Website Terhadap Kemampuan Literasi Sains IPA Materi Sistem Tata Surya. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Muriani Nur Hayati, M.Pd Pembimbing II : Bayu Widiyanto, M.Si Kata Kunci : Pengaruh Mobile Learning. Mobile Learning Berbasis Website, Kemampuan Literasi Sains, Sistem Tata Surya. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi sistem tata surya, (2) Mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains peserta didik yang menggunakan media pembelajaran mobile learning berbasis website dan tanpa menggunakan media pembelajaran mobile learning berbasis website. Desain penelitian menggunakan quasi experimental design atau eksperimen semu dengan metode deskripsi kuantitatif dan teknik yang digunakan cluster sampling. Analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji N-Gain dan Paired Sample T-Test untuk kemampuan literasi sains. Hasil penelitian yaitu (1) Terdapat peningkatan kemampuan literasi sains dengan menggunakan media pembelajaran mobile learning berbasis website. Hal tersebut dilihat dari hasil uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi kelas eksperimen dan kelas kontrol tersebut sebesar 0.000 < 0,050 maka Ha diterima dan Ho menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel media pembelajaran mobile learning berbasis website dengan kemampuan literasi sains, (2) Terdapat perbedaan kemampuan literasi dengan media pembelajaran mobile learning berbasis website berdasarkan analisis data dari uji n-gain di kelas eksperimen dan kontrol yaitu dengan rata-rata persentase sebesar 49% dan 43,49% termasuk dalam kategori berpengaruh dengan nilai minimal dan maksimum di kelas eksperimen sebesar 2,11 dan 2,08, sedangkan nilai minimum dan maksimum di kelas kontrol sebsar 8,16 dan 6,25 Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran mobile learning berbasis website kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi sistem tata surya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:21
Last Modified: 10 Mar 2023 03:21
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6497

Actions (login required)

View Item View Item