JUDUL KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP Studi Penelitian pada Peserta didik Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri 13 Kota Tegal Tahun Ajaran 2019/2020

Rismawati, Rizki (2020) JUDUL KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP Studi Penelitian pada Peserta didik Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri 13 Kota Tegal Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

Full text not available from this repository.

Abstract

RISMAWATI, RIZKI. 2020. Keefektifan Problem based learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMP. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Muriani Nur Hayati, M.Pd Pembimbing II : Bayu Widiyanto, M.Pd Kata Kunci : Kemampuan Literasi Sains, Problem based learning Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan literasi sains peserta didik setelah penerapan model pembelajaran problem based learning serta mengetahui keefektifan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di salah satu SMP Kota Tegal tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas VII A dan VII B yang masing-masing berjumlah 32 peserta didik. Adapun data diambil dengan teknik tes, kuesioner, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis validitas instrumen, analisis deskriptif, dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning memiliki rata-rata N-gain sebesar 56,77%. Skor presentase tersebut lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran ceramah yang memiliki rata-rata N-gain sebesar 40,59%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh pada kemampuan literasi sains peserta didik dan efektif untuk digunakan dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: rizki risma wati
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:42
Last Modified: 11 Feb 2020 08:42
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item