PERAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PIUS PEMALANG

pradana, adzani fajar (2020) PERAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PIUS PEMALANG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
FULL SKRIPSI-ADZANI FAJAR P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PRADANA, ADZANI FAJAR.2019.Peran Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas VII SMP Pius Pemalang.Skripsi.Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Sukoco KW, M.Pd Pembimbing II : Mulyani, M.Pd Kata Kunci: Layanan Informasi, Percaya Diri Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri peserta didik sebelum diberi layanan informasi, sesudah diberi layanan informasi dan peran layanan informasi untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Adapun cara pengambilan data yaitu menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata hasil pretest dari 38 responden adalah 84,5 dengan standart deviasi sebesar 5,45126, dengan nilai dimulai paling kecil atau minimal sebesar 75,00 sampai dengan nilai maksimal sebesar 97,00. Sedangkan nilai rata-rata sesudah diberikan perlakuan (posttest) sebesar 124,5789 dengan standart deviasi sebesar 10,05561, dengan nilai dimulai paling kecil atau minimal sebesar 98,00 sampai dengan nilai maksimal sebesar 146,00.. Hal ini menunjukan hasil postest lebih tinggi daripada hasil pretest. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,000. Dimana 0,000 < 0,05 , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa layanan informasi berperan dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Adapun saran yang dapat diajukan untuk semua pihak yang berkaitan seperti sekolah dan guru bimbingan konseling adalah diharapkan dapat ikutserta dalam upaya meningkatkan rasa percaya diri peserta didik melalui berbagai kegiatan layanan bimbingan dan konseling.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Adzani Fajar Pradana
Date Deposited: 11 Feb 2020 22:31
Last Modified: 10 Jan 2023 07:12
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item View Item