PROFIL KOMPETENSI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP NEGERI KOTA TEGAL

Dina Rohmi, Afina (2020) PROFIL KOMPETENSI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP NEGERI KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_DINA ROHMI AFINA_1815500014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Afina, D.R. 2020. Profil Kompetensi Literasi Sains Peserta Didik SMP Negeri Kota Tegal. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Muriani Nur Hayati, M.Pd. Pembimbing II : M. Aji Fatkhurrohman, M.Pd. Kata Kunci : Profil, Literasi Sains, Kompetensi, SMP, Kota Tegal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kompetensi literasi sains peserta didik SMPN Kota Tegal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling berdasarkan peringkat UNBK 2018. Sampel yang digunakan sebanyak 340 siswa kelas VIII yang berasal dari 9 sekolah. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes kerangka PISA tahun 2009 dan 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kompetensi literasi sains peserta didik kelas VIII SMPN Kota Tegal Tahun Ajaran 2018/2019 dalam kategori sangat rendah yakni dengan skor keseluruhan (40.62+0.97)%. Profil kompetensi literasi sains siswa pada kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah berada pada skor (45.77+1.09)%; kompetensi mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah mencapai skor (27.50+1.36)%; kompetensi menginterpretasi data dan bukti ilmiah mencapai skor (36.73+1.08)%. Profil kompetensi literasi sains peserta didik kelas VIII SMP Negeri Kota Tegal Tahun Ajaran 2018/2019 berdasarkan gender dalam kategori sangat rendah yaitu (38.16+1.47)% pada laki-laki dan (42.86+1.25)% pada perempuan. Berdasarkan uji statistika, terdapat perbedaan signifikan antara kompetensi literasi sains peserta didik laki-laki dan perempuan. Skor rata-rata capaian literasi sains pada kompetensi menjelaskan fenomena ilmiah adalah laki-laki (42.54+1.64)% dan perempuan (48.71+1.43)%; kompetensi mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah pada laki-laki mencapai (25.46+1.89)% dan perempuan (29.35+1.93)%; serta pada kompetensi menginterpretasi data dan bukti ilmiah pada laki-laki mencapai skor (35.49+1.61)% dan perempuan (37.86+1.46)%.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Dina Rohmi Afina
Date Deposited: 12 Feb 2020 05:35
Last Modified: 10 Jan 2023 01:47
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item View Item