MAKNAKEHIDUPANPADALIRIKLAGUMINIALBUM 337KARYA ENAUDANIMPLIKASINYATERHADAPPEMBELAJARANBAHASA INDONESIA DI SMA

ALIFDANUARTHAFRIZZI NPM, . (2024) MAKNAKEHIDUPANPADALIRIKLAGUMINIALBUM 337KARYA ENAUDANIMPLIKASINYATERHADAPPEMBELAJARANBAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER, BAB 1 - BAB 3 SKRIPSI - Alif Danuartha Frizzi.docx

Download (923kB)
[img] Text
BAB 4-5 SKRIPSI - Alif Danuartha Frizzi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran - Alif Danuartha Frizzi.docx

Download (2MB)

Abstract

FRIZZI, ALIF DANUARTHA. 2024. Makna KehidupanpadaLirikLagudalam MiniAlbum 337 karya Enau dan Implikasinya terhadap pembelajran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Tri Mulyono, M.Pd. Pembimbing II : Agus Riyanto, M.Pd. Katakunci: Liriklagu,Enau, Makna kehidupan, Pembelajaran bahasa indonesia. Penelitianinimenggalimaknatersiratkehidupandalam lirik mini album 337 karya Enau dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Kajian ini menjawab minimnya analisis mendalam terhadap makna hidup dalam lirik mini album Enau 337. Dengan menggunakan teori semiotikaFerdinand de Saussure, penelitian ini bertujuan mengungkap hubungan kompleks antara unsur-unsur kebahasaan yang membentuk sistem tanda dan konteks sosio- kultural yang membentuk makna. Metode pengumpulannya yaitu studi dokumen dan kepustakaan serta dalam analisisnya menggunakan sistem tanda yaitu siginifier (penanda)dan signified (petanda) yang dimana yang akan menjadi penandanya itu lirik lagu dan petandanya itu pemaknaannya, lalu dintrepetasikan hubungan keduanya yang akan menghasilkan makna kehidupan atau nilai kehidupan. Hasil penelitian makna kehidupan pada lirik lagu dalam album 337 karya Enau dan Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, yaitu : (1) Melalui Pekerjaan atau Perbuatan ada 13 Data : 48%, (2) Melalui Pengalaman dan Hubungan ada 8 Data: 30%, (3) Melalui Penderitaan ada 6 Data: 22%. Hasil penelitian ini memungkinkan siswa mengeksplorasi lapisan makna dalam teks, mulai dari tanda literal hingga makna lebih dalam terkait konteks sosial dan budaya. Dengan demikian, pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengahdapat diperkaya dan dimodernisasi, memberikan siswa cara yang lebih relevan dan menarik untuk memahami dan mengapresiasi karya seni dalam konteks yang lebih luas khususnya dalam memahami dan menulis puisi.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:55
Last Modified: 16 Oct 2024 01:55
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9794

Actions (login required)

View Item View Item