PENGEMBANGAN MODEL LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL

NATIQOH NURKHASANAH, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
TESIS COVER, keaslian, persetujuan, pengesahan, BAB I,II,III_NATIQOH N - Natiqoh N.docx

Download (1MB)
[img] Text
TESIS BAB IV,V_NATIQOH N - Natiqoh N.docx
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_NATIQOH N - Natiqoh N.docx

Download (1MB)

Abstract

Natiqoh Nurkhasanah, 2024. “Pengembangan Model Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal” Tesis . Program studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing II Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II Dr. Basukiyatno, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Model Project Based Learning, Kemampuan Berfikir Kreatif, Pembelajaran IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan Model Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Project Based Learning yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif pada pembelajaran IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Produk yang dikembangkan berupa Model LKPD Berbasis Project Based Learning yang diuji melalui Uji Validitas, uji keefektifan dan uji kepraktisan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP N 1 Pangkah, SMP N 2 Pangkah, dan SMP N 3 Pangkah.. Instrumen dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi untuk mengetahui tingkat kevalidan LKPD yang dikembangkan yang diperoleh dari tim ahli, pretes dan postes hasil belajar untuk mengetahui tingkat keefektifan LKPD dan tingkat keampuan berfikir kreatif, serta angket respon guru dan respon siswa untuk mengetahui tingkat kepraktisan LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian LKPD berbasis Project Based Learning pada materi Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup menurut ahli materi skor 86,66%, ahli desain skor 92% , ahli IPA skor 96% sangat layak. Respon guru 87,88% sangat layak. Respon siswa pada Uji Coba lapangan awal 85,56% sangat layak, uji coba lapangan diperluas 87,29% sangat layak dan uji coba lapangan operasional di SMP N 2 Pangkah 86,55% sangat layak , uji coba lapangan operasional di SMP N 3 Pangkah 85,68% sangat layak. Keefektifan LKPD Berbasis Model Project Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif pembelajaran IPA bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal berdasarkan N- Gain pada uji coba lapngan awal nilai 0,52 cukup efektif. Uji coba lapngan diperluas nilai 0,77 efektif. Uji coba lapngan operasional di SMP N 2 Pangkah nilai 0,84 efektif. Uji coba lapngan operasional di SMP N 3 Pangkah diperileh nilai 0,79 efektif menambah kemampuan siswa. Pada kemampuan berfikir kreatif secara umum dalam penelitian ini kategori baik. Pengembangan Model LKPD berbasis PjBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA kelas VIII dan disarankan LKPD dimanfaatkan di sekolah lain di kelas VIII

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:56
Last Modified: 16 Oct 2024 01:56
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9806

Actions (login required)

View Item View Item