IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBAGAI PENGUATAN NILAI KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL MUJAHADAH KABUPATEN TEGAL

Mohammad Eko Hadi Kuncoro, . (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SEBAGAI PENGUATAN NILAI KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL MUJAHADAH KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
C0VER, BAB I -3 & PERNYATAAN BERMATERAI TESIS MOHAMMAD EKO HADI KUNCORO - Biya Hadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV & V TESIS MOHAMMAD EKO HADI KUNCORO - Biya Hadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN TESIS MOHAMMAD EKO HADI KUNCORO - Biya Hadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mohammad Eko Hadi Kuncoro. 2024. “Implementasi Pendidikan Multikultural Sebagai Penguatan Nilai Karakter Santri Di Pondok Pesantren Darul Mujahadah Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Maufur, M.Pd. Pembimbing II Dr. Basukiyatno, M.Pd. Kata kunci : Pendidikan Multikultual, Nilai Karakter. Tujuan Penelitian ini ialah (1) Mendeskripsikan implementasi pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Darul Mujahadah, (2) Mendeskripsikan faktor yang mendukung penguatan nilai karakter dalam implementasi pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Darul Mujahadah, serta (3) Mendeskripsikan faktor penghambat implementasi pendidikan multikultural sebagai penguatan nilai karakter di Pondok Pesantren Darul Mujahadah Kabupaten Tegal. Penelitian yang dilaksanakan merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif studi kasus, di mana peneliti fokus untuk menyelidiki kondisi objek penelitian yang bersifat alamiah dengan penekanan pada pemahaman makna. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terhadap fenomena yang tengah diamati. Subjek penelitian ini ialah santri dan dewan guru Pondok Pesantren Darul Mujahadah Kabupaten Tegal. Pemilihan subjek penelitian mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain populasi penelitian. Populasi penelitian ialah keseluruhan subjek penelitian yang ingin diteliti. Hasil penelitian menyatakan implementasi pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Darul Mujahadah antara lain: kurikulum dan kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, interaksi sosial, nilai karakter, pengalaman santri, peran pengasuh dan guru. Faktor yang mendukung penguatan nilai karakter dalam implementasi pendidikan multikultural antara Faktor internal terdiri dari kurikulum pesantren, kegiatan belajar mengajar yang interaktif, kegiatan ekstrakurikuler, keteladanan dari kyai, ustadz/ustadzah, serta lingkungan pesantren yang kondusif. Faktor eksternal terdiri dari dukungan dari orang tua santri, kerjasama dengan masyarakat, serta dukungan dari pemerintah. Sedangkan faktor penghambat terdiri dari faktor internal dan faktor ekstrnal. Faktor internal terdiri dari kurikulum yang belum sepenuhnya mengintegrasikan pendidikan multikultural dengan pendidikan karakter, keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan sarana dan prasarana, sikap dan mentalitas santri, serta tradisi dan budaya yang belum sepenuhnya mendukung pendidikan multikultural. Sedangkan faktor eksternal ialah kurangnya dukungan dari orang tua santri, sikap masyarakat yang resisten terhadap perubahan terhadap budaya lain.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Dec 2024 07:24
Last Modified: 24 Dec 2024 07:24
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9978

Actions (login required)

View Item View Item