SHINTA ARDIATI, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS APLIKASI GOOGLE MAPS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA NEGERI KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
Tesis Shinta A_NPM7321800004 Bab 1-3 - Shinta Ardiati.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Tesis Shinta A_NPM7321800004 Bab 4-5pdf - Shinta Ardiati.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
Tesis Shinta A_NPM7321800004 Daftar Pustaka - Shinta Ardiati.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Shinta Ardiati. 2024. “Pengembangan Model Discovery Learning Berbasis Aplikasi Google Maps Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi SMA Negeri Kabupaten Tegal.” Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Sitti Hartinah, DS.,MM., Pembimbing II Dr. Basukiyatno, M.Pd. Kata kunci : Media Belajar Geografi, Google Maps Satelit. Motivasi Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Geografi pada materi Tata Ruang Kota berbasis Google Maps Satelit untuk siswa SMA kelas XII, (2) Mengetahui konstruksi validitas pengembangan media belajar Geografi pada materi tata surya menggunakan teknologi aplikasi Google Maps Satelit, (3) Mengetahui konstruksi validitas konstrak motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Geografi materi tata ruang kota, dan (4) Mengetahui konstruksi validitas konstrak instrumen butir soal dalam pembelajaran Geografi materi tata ruang kota kelas XII SMA. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Produk yang dirancang dalam penelitian ini berupa aplikasi media yang dibuat berupa media pembelajaran pada smartphone Android dengan memanfaatkan Teknologi Google Maps Satelit. yang divalidasi dengan pemodelan Rasch. Pada rancangan penelitian pengembangan instrumen menggunakan model prosedural ADD (Analysis, Design and Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media pembelajaran Augmented Reality menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADD (Analisis, Desain, Development) langkah pertama yakni analisis yaitu mencari data dilapangan untuk memperoleh informasi yang mendukung pengembangan media pembelajaran, desain media pembelajaran yaitu membuat peta materi, peta kompetensi, GBIM (Garis Besar Isi Media) dan naskah media pembelajaran dan development (pengembangan) media pembelajaran yaitu mengembangkan media pembelajaran sebagai software pengembangannya, (2) Konstruksi validitas pengembangan media belajar Geografi pada materi tata ruang kota menggunakan teknologi aplikasi Google Maps Satelit untuk siswa SMA kelas XII memenuhi validitas ahli media dan validitas ahli materi, (3) Konstruksi validitas konstrak motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi tata surya telah memenuhi analisis butir tes Politmos dengan Partial Credit Model (PCM) menggunakan paket eRm dengan pemodelan Rasch pada aspek validitas isi, validitas aspek substantif dan validitas aspek struktural.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 07:24 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 07:24 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9981 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |