PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTU AI CANVA PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN PEMALANG

BANGUN SRI RAHAYU, . (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTU AI CANVA PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN PEMALANG. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
TESIS COVER-BAB 3_BANGUN SRI RAHAYU - Bangun Sri Rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Tesis bab 4-5 - Bangun Sri Rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
TESIS DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN - Bangun Sri Rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)

Abstract

Bangun Sri Rahayu, 2024. “Pengembangan Modul Ajar IPAS Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu AI Canva Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Pemalang”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr.Sitti Hartinah, D.S, MM. Pembimbing II Dr. Suriswo, M.Pd. Kata Kunci : Modul Ajar, Project Based Learning, AI Canva Pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan dalam meningkatkan kualitas dan relevansi dengan kebutuhan zaman. Konsep Merdeka Belajar, yang diimplementasikan melalui Kurikulum Merdeka, menekankan pada pengembangan modul ajar untuk meningkatkan keterampilan siswa. Penelitian ini mengembangkan modul ajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) berbasis Project Based Learning (PjBL) menggunakan AI Canva di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Pemalang. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Karena keterbatasan waktu penelitian, maka alur penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini hanya pada tiga tahapan, yaitu (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain), (3) Development. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV sekolah dasar di gugus Sudirman, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang yang berjumlah 153 siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning berbantu AI Canva. Kesimpulan penelitian ini adalah Pengembangan Modul Ajar IPAS dengan Model Pembelajaran Project Based Learning yang berbantu AI Canva dapat (1) membantu dalam merancang dan mengembangkan modul ajar yang menarik dan interaktif bagi siswa. (2) Memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan Modul ajar. (3) Membantu dalam pembuatan desain, visualisasi, dan konten modul Ajar yang lebih menarik dan efektif. (4) Terbukti efektif, Pendekatan ini dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran IPAS, Siswa antusias dan terlihat lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep dan keterlibatan siswa. Validitas modul mencapai 100% dengan nilai Cronbach's Alpha 0,793. Siswa di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 11,6% pada pre-test menjadi 85,71% pada post-test. Modul ajar berbantuan AI Canva dan PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Dec 2024 07:24
Last Modified: 24 Dec 2024 07:24
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9989

Actions (login required)

View Item View Item