PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK SMP KAB TEGAL

Tri Widyaningsih, . (2024) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK SMP KAB TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover, depan, bab 1-3 - Tri Widyaningsih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
BAB 4-5 ok pascaujian - Tri Widyaningsih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Buku Oke Tiwi_merged - Tri Widyaningsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tri Widyaningsih. 2024. “Pengembangan Buku Pengayaan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Bermuatan Kearifan Lokal untuk Peserta Didik SMP Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Sitti Hartinah, D.S., M.M dan Pembimbing II Dr. Sutji Muljani, M.Hum. Kata Kunci : buku pengayaan, menulis teks laporan hasil observasi, kearifan lokal Hadirnya teks laporan hasil observasi yang sesuai capaian pembelajaran (CP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP) untuk menunjang pendidikan yang berpihak pada peserta didik serta integrasi profil pelajar Pancasila sangat didambakan. Bahan ajar yang memenuhi kualifikasi CP dan ATP adalah pertimbangan penting dalam mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, bahan ajar berupa buku pengayaan pembelajaran menjadi pelengkap buku yang sudah ada serta membantu menjadikan pembelajaran lebih efektif dan optimal. Tujuan penelitian adalah menyusun kebutuhan belajar peserta didik dan pendidik, membuat prototipe buku pengayaan, memvalidasi, dan menyusun model buku pengayaan. Penelitian menggunakan instrumen angket, wawancara, FGD, dan uji validasi ahli. Penelitian ini adalah Research & Development. Pengembangan model ADDIE, yaitu pada langkah (1) Analysis, (2) Design, dan (3) Development. Data sampel sejumlah 90 peserta didik dan 3 pendidik dari tiga sekolah dengan kualifikasi sesuai kebutuhan penelitian. Hasil penelitian adalah (1) Kebutuhan buku pengayaan mencakup aspek materi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, aspek grafika, dan aspek muatan kearifan lokal. (2) Prototipe buku pengayaan kulit buku, bagian awal, bagian isi, dan bagian akhir. (3) Uji validasi dilakukan 2 ahli, yaitu ahli buku pengayaan dan materi kebahasaan serta ahli budaya dan kearifan lokal dengan nilai 95,8 dan kategori sangat baik sehingga buku dikatakan layak digunakan. (4) Model buku pengayaan sesuai hasil prototipe dan uji validasi ahli. Semua aspek buku pengayaan hasil analisis kebutuhan diwujudkan dalam buku pengayaan. Begitu pula dengan prototipe buku pengayaan disesuaikan dengan hasil kecenderungan buku pengayaan dari peserta didik dan pendidik. Simpulan untuk semua aspek kebutuhan buku pengayaan peserta didik dan pendidik kedua validasi, diperoleh hasil sangat baik. Dengan demikian, buku dikatakan layak dikembangkan dalam model buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi bermuatan kearifan lokal serta digunakan untuk melengkapi kebutuhan buku pembelajaran peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Dec 2024 07:25
Last Modified: 24 Dec 2024 07:25
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9990

Actions (login required)

View Item View Item