KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Utami, Wikan Budi (2018) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 5 (1). pp. 60-71. ISSN 2089-4821

[img] Text
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
peer review probing prompting.pdf

Download (320kB)
[img] Text
283

Download (24kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1) kemampuan penalaran matematis dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media Microsoft PowerPoint mencapai target KKM, (2) ada perbedaan kemampuan penalaran matematis dan prestasi belajar matematika peserta didik antara kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media Microsoft PowerPoint dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Probing Prompting tanpa berbantuan media Microsoft PowerPoint, (3) model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media Microsoft PowerPoint lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Probing Prompting tanpa berbantuan media Microsoft Power Point terhadap kemampuan penalaran matematis dan prestasi belajar matematika peserta didik. Penelitian dilaksanakan di MTS Al Muawanah Harjawinangun Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, kelas VIII B, dan kelas VIII C. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan 94 peserta didik sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik total quota sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematis dan prestasi belajar matematika yang telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, one way manova dan uji T2-Hotelling yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penalaran matematis dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Probing Prompting berbantuanan media Microsoft PowerPoint telah mencapai target KKM, (2) ada perbedaan kemampuan penalaran matematis dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Probing Prompting berbantuanan media Microsoft PowerPoint dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Probing Prompting tanpa berbantuan media Microsoft PowerPoint, (3) model pembelajaran Probing Prompting berbantuanan media Microsoft PowerPoint lebih efektif dari pada model pembelajaran Probing Prompting tanpa berbantuanan media Microsoft PowerPoint terhadap kemampuan penalaran matematis dan prestasi belajar matematika.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wikan Budi Utami
Date Deposited: 06 May 2020 07:20
Last Modified: 16 Jan 2023 07:05
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1436

Actions (login required)

View Item View Item