POLA HUBUNGAN KEMAMPUAN KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTORIK, PERSEPSI, DAN KESADARAN DALAM PERSPEKTIF TEORI PENDIDIKAN JAWA KUNO (Studi Kasus pada Pembelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana Prasarana di SMKN 1 Slawi)

Sri Retnoningsih, . (2023) POLA HUBUNGAN KEMAMPUAN KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTORIK, PERSEPSI, DAN KESADARAN DALAM PERSPEKTIF TEORI PENDIDIKAN JAWA KUNO (Studi Kasus pada Pembelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana Prasarana di SMKN 1 Slawi). Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
File Cover & Bab 123 - Retnoningsih Zakaria.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4,5 - Retnoningsih Zakaria.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran - Retnoningsih Zakaria.pdf

Download (1MB)

Abstract

Retnoningsih, 2023. “Pola Hubungan Kemampuan Kognitif, Afektif, Psikomotorik, Persepsi, dan Kesadaran dalam Perspektif Teori Pendidikan Jawa Kuno” (Studi Kasus Pada Pembelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana Prasarana Di SMKN 1 Slawi). Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd, Pembimbing II Dr. Tri Mulyono, M.Pd Kata Kunci : Kognitif, Afektif, Psikomotorik, Persepsi, Kesadaran, Teori Pendidikan Jawa Kuno Sebagian besar guru mengutamakan ketercapaian penyelesaian materi dalam pembelajarannya di kelas. Hal ini mengakibatkan guru mengajar dengan metode konvensional yaitu ceramah apapun kurikulumnya. Guru juga hanya mengenal aspek afektif, kognitif dan psikomotorik sebagaimana pendapat Benyamin S Bloom sebagai landasan Kurikulum 2013. Guru perlu memahami pendapat teori pendidikan jawa kuno yang menambah aspek persepsi dan kesadaran dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pola hubungan kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik, persepsi, dan kesadaran dalam perspektif Teori Pendidikan Jawa Kuno. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, obesrvasi, wawancara dan angket. Data responden sebanyak 285. Untuk uji validitas dan reliabilitas instrument menggunakan software “R” program. Item instrumen masing-masing variabel dianalisis menggunakan Partial Credit Model (PCM) menggunakan paket eRm berdasarkan Program R. Uji Korelasi dan Uji Regresi Berganda digunakan untuk menganalisis data kuantitatif. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pola hubungan yang signifikan antara kemampuan kognitif dengan afektif, psikomotorik, persepsi dan kesadaran dalam perspektif teori pendidikan jawa kuno. Pada akhirnya diketahui juga bahwa terdapat kontribusi dari kemampuan kognitif, persepsi dan kesadaran terhadap kemampuan psikomotorik dalam perspektif teori jawa kuno.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:08
Last Modified: 09 Feb 2023 03:08
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6137

Actions (login required)

View Item View Item