SILAH FAUZUN AKBAR MUHAMMAD, . (2023) PEMANTAPAN KARAKTER NASIONALISME MELALUI2LAYANAN BIMBINGAN2KELOMPOK MENGGUNAKAN2TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PESRTA DIDIKKELAS XI TKJ -SMK HARAPAN BERSAMA-TEGAL- TAHUN-PELAJARAN2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER-BAB3 - Artrans Game.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB IV-V - Artrans Game.docx Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
Text
DAFTAK PUSTAKA _ LAMPIRAN - Artrans Game.pdf.docx Download (2MB) |
Abstract
MUHAMMAD, SILAH FAUZUN AKBAR. 2021. “Pemantapan Karakter Nasionalisme Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Sosiodrama Terhadap Peserta Didik Kelas XI TKJ SMK Harapan Bersama Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan.dan Ilmu-Pendidikan..Universitas.Pancasakti Tegal. Pembimbing.I : Prof.2Dr.2Hj. Sitti Hartinah, DS., MM. Pembimbing.II : Drs. Sukoco KW., M.Pd. Kata Kunci : Karakter Nasionalisme, Mix-Method, dan Bimbingan Kelompok Apa yang dituju dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) tingkat nasionalisme sebelum dan sesudah mendapatkan layanan-bimbingan kelompok berbasis sosiodrama, dan 3) apadah terdapat peningkatan nasionalisme pada siswa kelas XI-TKJ-di-SMK-Harapan-Bersama-Tegal-tahun-pelajaran 2021/2022. Metode campuran digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan desain penelitian eksplanatori sekuensial yang mengutamakan analisis data kuantitatif daripada analisis data kualitatif. Selama tahun ajaran 2021/2022, terdapat 30 siswa dalam satu angkatan XI TKJ di SMK Harapan Bersama Tegal. Hasilnya, sampel mencakup 100 persen dari populasi. Statistikc deskriptifs dan uji-t (satu kelompok untuk PreTest dan PostTest) adalah dua komponen analisis data kuantitatif. Mengenai analisis kualitatif berbasis triangulasi sumber 1) Mayoritas siswa kelas XI TKJ SMK Harapan Bersama Tegal berada pada kategori rendah sebelum diberikan penguatan karakter nasionalisme melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, dengan jumlah 11 orang masuk dalam kategori rendah (36,67 persen berada pada interval 123-130) dan 2 orang masuk dalam kategori sangat rendah (10 persen berada pada interval 115-122). 2) Terjadi peningkatan mayoritas pada kategori sedang setelah mengikuti penguatan karakter nasionalisme melalui layanan bimbingan kelompok berbasis sosiodrama (interval 139-146). 3) Hasil uji-t menunjukkan bahwa Ha dapat diterima karena thitung = 5,080 lebih besar dari ttabel = 2,402, menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama meningkatkan karakter nasionalisme siswa kelas XI TKJ SMK Harapan Bersama Tegal tahun pelajaran 2021/2022. Diharapkan pnelitian ini dapat dijadikan referensi dan bahan kajian untuk menangani permasalahan khususnya yang berkaitan dengan karakter nasionalisme melalui layanan bimbingan kelompok berbasis sosiodrama.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 02:03 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 02:03 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6467 |
Actions (login required)
View Item |