Dahlia Anggraeny, . (2023) ANALISISS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMK NEGERI SE KABUPATEN TEGAL TAHUN 2022/2023. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Cover_Bab III - Dahlia Anggraeny.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB IV & V DAFTAR ISI - Dahlia Anggraeny.pdf Restricted to Repository staff only Download (982kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_merged_compressed - Dahlia Anggraeny.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dahlia Anggraeny, 2022. “Analisis Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi dan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas XII Di SMK Negeri Se Kabupaten Tegal Tahun 2022/2023”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Maufur, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Suriswo, M.Pd. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, REBT, Kemampuan Berkomunikasi, Kepercayaan Diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) terhadap kemampuan berkomunikasi dan kepercayaan diri peserta didik kelas XII SMK Negeri se Kabupaten Tegal pada tahun pelajaran 2022/2023. Hipotesis pada penelitian ini yang pertama adalah layanan bimbingan kelompok dengan metode Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi peserta didik kelas XII SMK Negeri se Kabupaten Tegal pada tahun pelajaran 2022/2023 dan hipotesis kedua layanan bimbingan kelompok dengan metode Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) berpengaruh terhadap kepercayaan diri peserta didik XII SMK Negeri se Kabupaten Tegal pada tahun pelajaran 2022/2023. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMK Negeri se Kabupaten Tegal pada tahun pelajaran 2022/2023, sampel penelitian ini adalah SMK Negeri 1 Adiwerna dan SMK Negeri 1 Dukuhturi yang didapatkan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan data kemampuan diri peserta didik kelas XII SMK Negeri se Kabupaten Tegal menggunakan teknik non tes berupa dokumentasi dan observasi yang dilakukan ke peserta didik. Sedangkan untuk pengumpulan data hasil kemampuan berkomunikasi dan kepercayaan diri menggunakan teknik tes berupa pre test dan post test. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisiss menggunakan uji paired t dan uji independent t setelah memenuhi uji pra analisiss yaitu normalitas dan homogenitas. Sedangkan untuk instrument diuji dengan uji validasi, realibilitas. Hasil dari independen t setelah menunjukkan ada perbedaan antara kemampuan berkomunikasi dan kepercayaan diri peserta didik kelas eksperimen. Hasil tersebut diperkuat oleh uji paired t yang menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berkomunikasi dan kepercayaan diri kelas eksperimen sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan metode Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Perbedaan ini disebabkan adanya perbedaan pemberian layanan yang digunakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan metode Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi dan kepercayaan diri peserta didik kelas XII SMK Negeri se Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah yaitu pemberian layanan klasikal perlu diperbaiki dan dimodifikasi dengan pemberian layanan yang lebih menarik, inovatif serta dapat diterapkan dalam segala situasi.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 07:55 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 07:55 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6599 |
Actions (login required)
View Item |