Sumiatun, . (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 3 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
kelengkapan awal - bab 3 - Sumiatun.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
bab 4 -5 - Sumiatun.pdf Restricted to Repository staff only Download (813kB) |
|
Text
daftar pustaka - lampiran (1) - Sumiatun.pdf Download (5MB) |
Abstract
Sumiatun. 2023. “ Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 3 Slawi Tahun Pelajaran 2022/2023”. Tesis. Program Magister Pedagogi Program Pasca Sarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Basukiyatno, M.Pd, Pembeimbing II : Dr. Sutji Muljani, M.Hum. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPA Latar belakang masalah penelitian ini adalah fenomena yang nampak yang bisa dilihat dalam keseharian di SMP Negeri 3 Slawi, masih adanya dan ditemui karakter siswa yang perlu dibangun dan sikap atau berperilakunya misalnya kurang sopan terhadap guru, bermalas-malasan dalam belajar (dilihat dari prestasi akademik mata pelajaran IPA), penggunana gadget secara berlebihan tanpa waktu tanpa melihat situasi dan kondisi serta tujuan aktivitasnya dalam belajar mata pelajaran IPA bahkan adanya siswa melihat vidio-vidio yang berbau negatif melalui handphone-nya. Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristik pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Slawi, bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Slawi, bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Slawi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan hasil observasi, wawancara. populasi kelas VIII yang akan dijadikan sampel 3 kelas atau 96 siswa. Sampel guru mapel IPA yang akan diambil berjumlah 3 orang. Hasil penelitian ini adalah karakteristik pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA pada dasarnya memiliki kesamaan esensi dan makna dengan pendidikan moral. Selain itu, ciri khas karakter dari pembelajaran IPA yaitu dengan maningkatkan pemahaman diri dan alam secara utuh. implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA dilakukan dengan internalisasi nilai-nilai positif yang dimiliki oleh seluruh warga SMP N 3 Slawi, Serta pengintegrasian nilai dan etika pada mata pelajaran. Faktor – faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA di berlandaskan pada aturan atau program dari Kemendiknas, bekerja sama dengan orang tua siswa, serta dengan mengeluarkan beberapa aturan atau tata tertib sekolah yang harus dipatuhi oleh setiap siswa. Faktor – faktor penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA diantaranya kurangnya rasa percaya diri peserta didik dan rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi guru mata pelajaran untuk memberikan nilai pendidikan karakter dalam proses kegiatan mengajar.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 04:49 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 04:49 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7098 |
Actions (login required)
View Item |