KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FOTO AUTENTIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAPEL IPS SISWA DI SMP NEGERI 1 ADIWERNA

ROCHMAN WITONO, . (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FOTO AUTENTIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAPEL IPS SISWA DI SMP NEGERI 1 ADIWERNA. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
1-3 - SMP N 1 Adiwerna.docx

Download (1MB)
[img] Text
4-5 - SMP N 1 Adiwerna.docx

Download (74kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran - SMP N 1 Adiwerna.docx

Download (2MB)

Abstract

Rochman Witono, 2023. “Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Foto Autentik Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mapel IPS Siswa Di SMP Negeri 1 Adiwerna” Kata kunci : Cooperative Learning, Problem Based Learning, model pembelajaran Tantangan dunia pendidikan semakin besar seiring pesatnya perkembangan teknologi diberbagai aspek kehidupan, salah satunya diantaranya adalah teknologi pendidikan. Pendidikan indonesia telah bertransformasi untuk segera menyesuaikan diri dengan kemajuan tersebut. Pembelajaran kooperatif menawarkan bagaimana caranya mengatasi situasi tersebut, terbukti bahwa cooperative learning dapat dijadikan sebagai alat praktis untuk menciptakan ketertarikan sosial dan keterlibatan lingkungan kelas untuk membantu siswa menguasai keahlian tradisional dan pengetahuan serta mengembangkan keterampilan kreatif dan interaktif yang diperlukan di ekonomi saat ini dan masyarakat. Problem based learning sebagai model pembelajaran yang terbukti mempunyai pengaruh atau dampak hasil belajar positif pada siswa dari berbagai tingkatan kelas pendidikan dan bermacam-macam mata pelajaran. Media foto dalam pembelajaran juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada ranah psikomotorik. Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Adiwema Tegal Jawa Tengah telah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sesuai dengan Kurikulum 2013, tapi belum dilaksanakan berbarengan dengan pendekatan saintifik. Kalaupun menggunakan perpaduan antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik, tetapi belum menggunakan media, terutama foto autentik, sebagai bantuan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media foto autentik dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP N 1 Adiwerna serta untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode problem based learning biasa dengan yang menggunakan metode problem based learning berbantuan media foto autentik. Dengan metode penelitian dan pengembangan yang lebih baik untuk membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) dilakukan melalui tahapan studi literatur, perencanaan, uji coba lapangan terbatas, uji coba lapangan utama, uji lapangan operasional, serta implementasi dan diseminasi. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini dapat ditunjukkan bahwa keefektifan penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media foto autentik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP N 1 Adiwerna dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:50
Last Modified: 29 May 2024 07:15
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7107

Actions (login required)

View Item View Item