Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada SMP Swasta Kota Tegal

Ayyub Syuhada, . (2023) Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada SMP Swasta Kota Tegal. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - BAB 3 - ayyub syuhada.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4 dan 5 - ayyub syuhada.pdf

Download (655kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN - ayyub syuhada.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh supervisi akademik pengawas sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah terhadap kinerja guru, 2) mengetahui pengaruh supervisi akademik pengawas sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah terhadap motivasi kerja, 3) mengetahui pengaruh supervisi akademik pengawas sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah terhadap kinerja guru dengan motivasi kerja sebagai variabel mediasi. Metode penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Swasta di Kota Tegal sejumlah 180 orang guru, dengan Sampel Penelitian sejumlah 95 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Partial Least Square. Hasil penelitian membuktikan bahwa 1) Terdapat pengaruh supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kinerja guru dengan motivasi kerja sebagai variabel mediasi dibuktikan dari hasil analisis hipotesis diperoleh nilai ρvalue sebesar 0,030 < 0,050; 2) Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan motivasi kerja sebagai variabel mediasi dibuktikan dari hasil analisis hipotesis diperoleh nilai ρvalue sebesar 0,044 < 0,050; 3) Tidak terdapat pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru dengan motivasi kerja sebagai variabel mediasi dibuktikan dari hasil analisis hipotesis diperoleh nilai ρvalue sebesar 0,078 > 0,050; 4) Kinerja guru dapat meningkat apabila : (a) Pengawas sekolah menggunakan supervisi akademik berbasis evaluasi diri yang terpogram dan berkesinambungan; (b) Kepala sekolah dengan gaya kepemimpinan positif melakukan pendekatan dalam pemberian motivasi yang ditekankan pada imbalan atau reward; (c) Budaya sekolah kondusif dengan lingkungan sekolah yang aman dan tertib, optimisme dan harapan yang tinggi dari warga sekolah, kesehatan sekolah, dan kegiatan yang berpusat pada siswa. Kata Kunci : Supervisi Akademik, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Kinerja Guru.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:10
Last Modified: 30 May 2024 07:16
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7159

Actions (login required)

View Item View Item