PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI MEDIA GAME UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA MUTIARA HATI LAREN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Devi Arostiyani, . (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI MEDIA GAME UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA MUTIARA HATI LAREN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER SAMPAI BAB III - DEVI AROSTIYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
bab iv sampai v - DEVI AROSTIYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustaka - DEVI AROSTIYANI.pdf

Download (314kB)

Abstract

Devi Arostiyani, 2023. “Pengembangan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Melalui Media Game Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 1 Pada Peserta Didik Tunarungu Di Sekolah Luar Biasa Mutiara Hati Laren Bumiayu Kabupaten Brebes” Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Suriswo, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran Kontekstual, Anak Tunarungu Anak tunarungu merupakan anak yang memiliki hambatan atau kehilangan pada sebagaian atau seluruh pendengarannya. Anak tunarungu memiliki tingkat intelegensi yang sama seperti anak normal lainnya. Namun dengan keterbatasan pendengaran membuat anak tunarungu kesulitan dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga di perlukan metode dan media yang sesuai dengan kebutuhan anak tunarungu. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan dan media yang sesuai untuk pembelajaran matematika pada siswa tunarungu kelas 1. Pembelajaran kontektual adalah belajar yang tidak hanya menekankan pada hafalan tetapi mengkontruksi atau membangun pengetahuan dan keterampilan baru lewat fakta-fakta yang mereka alami dalam kehidupannya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R and D dengan menggunakan model ADDIE, dimana peneliti membatasi sampai 3 tahap yaitu Analisis, Desain, dan Development. Dalam penelitian ini peneliti menganalisis kebutuhan media pembelajaran matematika siswa tunarungu SLB Mutiara Hati Bumiayu, kemudian mendesain media yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan, selanjutnya penetili mengembangakan media pembelajaran dan menguji desain dengan para ahli serta melihat peningkatan prestasi belajar melalui pre test dan post test. SLB Mutiara Hati sudah menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media yang ada. Namun dengan media seadanya siswa merasa bosan sehingga minat belajar siswa menurun dan berdampak pada prestasi belajar matematika. Dengan hasil analisis tersebut peneliti mendesain media pembelajaran berupa kartu yang dapat membantu guru dalam penyampaian materi pada siswa tunarungu. Selanjutnya peneliti mengembangkan media berupa game poker untuk pembelajaran matematika pada siswa tunarungu. Model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan media game merupakan metode dan media yang tepat, efektif dan menyenangkan untuk pembelajaran matematika siswa tunarungu SLB Mutiara Hati. Sehingga prestasi belajar matematika meningkat.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:26
Last Modified: 30 May 2024 02:05
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7367

Actions (login required)

View Item View Item