“INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEMUDAHAN LAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TEGAL TAHUN 2021” (STUDI KASUS “JAKWIR CETEM” DAN “LASKAR DEN BAGUSE”)

MUHAMMAD ANGGI PRASETYO, . (2023) “INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEMUDAHAN LAYANAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TEGAL TAHUN 2021” (STUDI KASUS “JAKWIR CETEM” DAN “LASKAR DEN BAGUSE”). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
BAB 1-4_ANGGI - Mohammad Anggi prasetyo.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V_VI_ANGGI - Mohammad Anggi prasetyo.docx
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
DAPUS&LAMPIRAN_ANGGI - Mohammad Anggi prasetyo.docx

Download (5MB)

Abstract

Prasetyo, Muhammad, Anggi. NPM 2119500070. 2023. “Inovasi Pelayanan Publik Dalam Rangka Meningkatkan Kemudahan Layanan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Tegal Tahun 2021” (Studi Kasus “Jakwir Cetem” Dan “Laskar Den Baguse”). Skripsi, Ilmu Pemerintahan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Unggul Sugiharto, S.IP., M.Si dan Pembimbing II: Agus Setio Widodo, S.IP., M.Si Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil adalah sebuah lembaga pemerintah yang menyediakan layanan publik. Pelayanan publik yang diberikan antara lain pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian dan pelayanan publik lainnya yang berkaitan dengan adminstrasi kependudukan diproses di Disdukcapil. Masyarakat belum sepenuhnya menyadari pentingnya dokumen administrasi kependudukan, sebagaimana ditunjukkan oleh jumlah kepemilikan dokumen kependudukan di Kota Tegal yang masih belum merata. Masyarakat mengharapkan layanan yang berbeda dan dapat memahami kebutuhan dan keinginan mereka dalam waktu singkat. Inovasi Jakwir Cetem dan Laskar Den Baguse sebagai inovasi yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Tegal di analisis menggunakan karakteristik inovasi menurut Menurut Rippetoe dan Roggers (1987) keunggulan relatif (relative adventage), kompatibilitas (compatibility), kerumitan (complexity), kemampuan diujicobakan (triability), kemampuan diamati (observatibility). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan inovasi pelayanan publik Jakwir cetem dan laskar den baguse, kinerja pelayanan publik serta kendala dalam penerapan inovasi pelayanan publik jakwir cetem dan laskar den baguse. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan inovasi pelayanan publik di Disdukcapil Kota Tegal memudahkan masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan, sesuai dengan harapan masyarakat, ada kerumitan pada saat penerapannya di lapangan namun berbeda kerumitannya, sebelum di launching sudah melalui uji publik dan sosialisasi serta hasil dari kedua inovasi tersebut sudah terlihat. Kinerja pelayanan publik di Disdukcapil Kota Tegal sudah cukuk baik hal ini dapat dilihat dari Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dari tahun 2019 – 2022 nilainya selalu mengalami kenaikan. Faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan inovasi pelayanan publik di Disdukcapil Kota Tegal yaitu listrik, jaringan dan masyarakat yang dirasa kurang bisa memanfaatkan adanya inovasi tersebut. Kata Kunci : Inovasi, jakwir cetem dan laskar den baguse, pelayanan publik dan administrasi kependudukan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2023 05:55
Last Modified: 30 Sep 2023 05:55
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7702

Actions (login required)

View Item View Item